Sabtu, 21 Januari 2012

Trip to Surabaya, Batu, and Malang (Part 1)

Huaaaaah udah lama banget ya gue gak posting disini lagi. Soalnya gue gatau harus ngisi apa. Lagipula gue lagi konsen ke UAS waktu itu. Nah sekarang UAS udah selesai, liburan juga udah dari seminggu yg lalu malah. Liburan kali ini gue memutuskan untuk berlibur ke Jawa Timur bareng Zeyn dan Mirza. Ini adalah pertama kalinya gue jadi backpacker yang keliling ke 3 kota selama seminggu. Nih gue ceritain aja deh biar bagi-bagi pengalaman juga hehe, enjoy!

13,14 Januari 2012
UAS semester 1 pun selesai. Ini artinya libur selama 1 bulan sudah menanti. Sebelum libur, gue dan Zeyn sibuk buat ngerencanain mau kemana liburan nanti. Gue pun mengusulkan buat ke Surabaya, Batu, dan Malang. Kota itu gue pilih karena gue belom pernah ke Jawa Timur (norak abess). Kita pun menyetujui. Nah, karena tujuan kita Jawa Timur, terus kita pun berencana ngajak 1 orang lagi yang berasal dari sana, biar bisa umpang haha. Mirza lah yang ditunjuk, karena rumah dia di Surabaya. Dia pun langsung setuju pas kita bilang ke dia. Yihaa! Nah perjalanan kami dimulai di tanggal 13 januari 2012. Kita naik kereta Gaya Baru Malam jam 21.00 dari Stasiun Lempunyangan yang tiketnya udah kami pesan seminggu sebelum hari keberangkatan.
Foto-foto dulu ah

Korban kengantukan

Perjalanan dari Yogyakarta ke Surabaya menempuh waktu sekitar 6 jam. Di kereta gak banyak yang bisa dikerjakan. Gue cuma baca komik One Piece doang, Zeyn kebanyakan tidur (maklum baru pertama kali naik kereta), dan Mirza cuma bengong mikirin gebetannya yang mau ditembak tapi gak jadi-jadi.

Sampai di Surabaya sekitar jam 03.00. Mirza mengusulkan untuk stay dulu di stasiun sampe jam 6 nunggu angkot ada. Dan ini ngebetein banget. Udah 6 jam di kereta, ditambah 3 jam duduk di stasiun sambil perang sama nyamuk ckckc. Mana perut udah konser daritadi. Gue pun bilang ke ke yang lain buat nyari makanan dulu. Abis makan kita langsung nyari angkot, tapi belom ada. Eh tiba-tiba ada seorang bapak-bapak nawarin naik becak dan bayarnya seiklasnya. Wah sesuatu nih, naik becak di Surabaya, gue belom pernah haha. Jadilah kita naik becak itu.

Di perjalanan, paha gue nyut-nyutan. Kenapa? Karena si Zeyn dipangku sama gue dan Mirza karena becaknya gak muat bertiga -__-. Eh tiba-tiba bapaknya cerita-cerita tentang macem-macem, sesi curhat gitu deh. Ternyata bapaknya punya anak 6. 3 diantaranya udah lulus kuliah dan bahkan anak pertamanya tentara. anak ke 4,5,6 berturut-turut baru masuk kuliah, smp, dan sd. Etwas toll! Seorang bapak yang berprofesi tukang becak bisa nyekolahin semua anak-anaknya! Salut bener dah. Nih penampakan bapaknya.

Lagi ngitung duit pendapatannya

Sampe di depan gapura rumah Mirza
Zeyn langsung tepar pas baru sampe,
padahal di kereta dia yang paling banyak tidur ckck

Sesampainya di rumah, kami semua langsung tergeletak lemas di tempat tidurnya Mirza. Tapi ada yang bikin gue bete. Sprei kasurnya itu lho, klub sepakbola yang paling gue benci! Terpaksa gue harus tidur disitu -_-. Paginya sekitar jam 10 kami bangun dan langsung nyari sarapan. Nasi rawon hidangan waktu itu.

Ciluk baaa
Nah sehabis makan, petualangan kita pun dimulai di kota pahlawan ini. Tujuan pertama kami adalah Jembatan Suramadu, jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Tiket nyebrangnya murah kok, 3rb buat motor, 5rb buat mobil. This is my first time to across this bridge. So excited!

Poto-poto dulu sebelum nyebrang
Sekitar 20 menitan waktu yang ditempuh buat nyebrang jembatan ini. Ini juga pertama kalinya gue keluar Pulau Jawa!! hahaha sebelumnya gue belum pernah meninggalkan Pulau Jawa, sesuatu.

Sampe di Pulau Madura, kami cuma jalan-jalan sebentar dan enggak keliling ke kotanya karena gak ada yang apal jalanan Madura. Hmm sempet kecewa, tapi kami memutuskan buat mampir ke warung yang menjual pernak-pernik tentang Madura. Kita mampir kesana tapi cuma beli kerupuk seharga 2rb hahaha.

Walaupun gak beli, yang penting poto-poto
Waktu udah sore, kamipun memutuskan balik ke Surabaya, nah sekarang si Zeyn yang ingin merasakan naik motor di jembatan Suramadu haha.

Sumpah keren, naik motor sambil tidur!
HeLlow aQyu 4lAy SuR4mAdU

Abis dari Suramadu, Mirza ngajakin kita buat liat-liat kampus UNAIR dan ITS.

Ayo tante, semalem cuma serebu tante

Di depan kampus ITS

Oia gue kaget lho! Ternyata jalanan Surabaya gak beda jauh sama Jakarta. Dari mulai trotoarnya, perempatannya, hampir sama. Begitu pun dengan orang-orangnya dalam berlalu-lintas. Jarang ada yang tertib, ini beda banget sama Jogja. Jogja tertib banget coooy, gak ada nih yang kayak gini-gini.

Koplak banget, lampu merah bukannya berenti
di belakang garis, ini malah ngelebihin zebracross ckck
Sore, sekitar jam 5an. Kami masih melanjutkan perjalanan. Hujan deras gak menyurutkan kami buat keliling dan poto-poto. Nah si Mirza ngajakin kita buat ke patung icon Surabaya. Akhirnya bisa ngeliat langsung itu patung. Langsung deh noraknya keluar, gue pegang-pegang itu patung, rencana mau gue bawa pulang, tapi gak kuat bawanya. Perjalanan di hari pertama pun selesai di tempat ini.

Di belakang ada Hiu dan Buaya yang lagi berantem,
gue mah enjoy aja poto-poto
15 Januari 2012
Hari kedua, kita langsung meluncur lagi buat keliling Surabaya lagi. Hari kedua ini kita bingung mau kemana karena si Mirza juga bingung. Harusnya kan dia udah merencanakan harus kemana ckck. Tapi gak lama kemudian ada ide. Kita langsung ke UNESA. Ternyata kampusnya begitu. Jauh dari kota. Kita sih berencana buat ke FBS nya doang, ternyata keren juga plang depannya.
Di depan FBS UNESA

Perjalanan diteruskan ke wilayah Perumahan Ciputra. Karena di perumahan itu ada bangunan yang keren, nih:
Entah apa namanya ini, tapi keren

Gue kan tadi di Surabaya yak? Kenapa tiba-tiba ada di Singapure?

Look that cloud, serem.

Belom puas sampe disitu, gue gamau nyudahin perjalanan disini doang. Gue sama Zeyn pun bilang ke Mirza kalo kita ke Tugu Pahlawan. Tetapi eh tetapi museumnya tutup -___-. Kecewa banget sumpah. Zeyn ngusulin buat ke Pelabuhan tanjung Perak. Wah pasti seru nih, gue pengen liat gmn pelabuhan di sana. Tapiiiii si Mirza malah muter balik dan gak masuk ke Pelabuhannya. Kecewa lagi! Mirza pun langsung mengajak kami ke sebuah Museum. House of Sampoerna namanya. Tadinya gue gak tau itu museum apaan. tapi pas masuk, ternyata pengharum ruangannya pake aroma tembakau. Langsung deh gue bisa nebak ini museum rokok sampoerna. Kenapa Mirza ngajakin kesini? Gue gak suka rokok! Baunya apa lagi! Huek!
Tapi lumayan lah buat nambah pengalaman dan pengetahuan tentang penyebaran rokok Sampoerna dari zaman ke zaman.

Entah kereta andong siapa ini

Rokok Sampoerna yang dijual di Netherlands

View depan House of Sampoerna
Huaaaah finally jalan-jalan ke Surabayanya sudah sampai disini. Agak gak puas sih, soalnya kotanya juga hampir sama kaya Jakarta, jadi gue gak terlalu terkesan. Tapi aroma pahlawan disini sangat terasa haha.

Sepulang dari jalan-jalan kami langsung istirahat. Karena besoknya kami mau pergi ke Batu. Tapi gue malah bergadang buat nonton bola. Iyalah ini pertandingan yang sangat penting. AC Milan vs Inter Milan. Tapi Milan kalah 0-1 huhu. Gue pun jadi agak gak semangat gitu. Gue gak bisa tidur sesudahnya karena mikir pertandingan tadi kenapa bisa kalah. Gue baru sadara ternyata gue tidur di sprey dengan gambar Inter Milan. Bah! Gak sudi gue! Langsung dah gue copot itu sprey. Bantal dan gulingnya pun gak gue pake. Bantalnya gue taro di bawah kaki gue. ternyata itu bikin gue cepet tidur hahaha.