Saturday, April 21, 2012

Kreatifitas Bersepeda di Belanda

Belanda adalah salah satu negara maju di eropa dan juga dunia. Negara maju identik dengan bangunan-bangunan pencakar langit dan juga kendaraan-kendaraan modern. Tetapi, di Belanda mungkin akan sulit untuk menemukan itu semua. Karena, Belanda terkenal dengan bangunan tuanya dan negara yang sangat menggilai sepeda. 
Utrecht Street

Jalur kendaraan bermotor, sepeda,
dan pejalan kaki di kota Amsterdam
Kita bisa melihat contoh gambar diatas, unik bukan? Banyak yang mengira kota-kota besar di Belanda pasti penuh dengan gedung-gedung pencakar langit dan kendaraan bermotor yang berlalu-lalang. Tetapi pada faktanya sangat berbanding terbalik. Warga Belanda lebih prefer untuk mengendarakan sepeda daripada
kendaraan-kendaraan bermotor. Ini sangat berguna, karena sangat menyehatkan dan mengurangi polusi/global warming yang sedang digalakkan pemerintah dunia.

Rambu lalu-lintas untuk sepeda
Hampir 80% penduduk Belanda memilih sepeda sebagai transportasi utama mereka. Rata-rata mereka mempunyai 2 sepeda. Kebanyakan kota-kota di Belanda memiliki jalur yang seimbang. Maksudnya jalur untuk kendaraan bermotor, sepeda, dan pejalan kaki sama besarnya, rata-rata 4 meter. Jalur sepeda diwarnai merah tua. Bahkan ada rambu-rambu untuk pesepeda. Setiap lampu lalu lintas pasti terdapat rambu-rambu untuk pesepeda. Ini bisa membuat pesepeda aman untuk bersepeda di mana saja, karena terdapat jalur khusus dan rambu-rambunya sendiri. Sebagian besar bangunan di sana pun memiliki tempat parkir yang luasnya bisa melebihi tempat parkir kendaraan bermotor. Wow! Sangat menarik  bukan? Bersepeda menjadi kebiasaan dan rutinitas mereka sehari-hari.

Tempat parkir sepeda di kota Utrecht

Mungkin, kebiasaan bersepeda disana sudah disadari manfaatnya bagi warga Belanda itu sendiri. Bersepeda membuat tubuh kita sehat, sehat jasmani dan sehat rohani. Sehat jasmani bisa terlihat dari fisik seseorang, seperti murah senyum, tidak gampang mengantuk, dan lain-lain. Sehat rohani terpancarkan dari dalam diri seseorang. Sebagai contohnya kreatif. Orang yang memiliki kesehatan rohani yang baik, pasti kerja otak akan lebih maksimal dan seimbang. Ini bisa membuat seseorang menjadi kreatif. Mungkin kita bisa melihat contoh pada letak tata kota di Belanda. Tata kota yang seimbang seperti yang sudah dijelaskan diatas membuktikan bahwa Dutch people enjoy innovating and constantly ask themselves and others questions to come up with new ideas.
Jadi, ayo kita bersepeda supaya menyehatkan kesehatan jasmani dan rohani kita, supaya menjadi pribadi yang kreatif. Kalau bisa pun, kita harus mencoba bersepeda di negeri kincir angin tersebut, merasakan keharmonisan suasana negera pesepeda. 

3 comments:

  1. di indonesia gk bakal bisa kayaknya... jalan rayanya aja sempit :D

    ReplyDelete
  2. bisa bisa aja asal kita menikmatinya :D

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete