Sunday, April 21, 2013

Keukenhof sebagai Pelopor Taman Bunga di Dunia

Pernahkah Anda berimajinasi untuk berlarian di sebuah taman bunga besar dengan bunga yang mekar dengan indahnya, dengan warna-warni bunga yang mencolok di mata, dengan semerbak harum bunga di akhir musim semi? Impian Anda akan terkabul! Pergilah ke negri kincir angin Belanda. Pergilah ke kota Lisse –sebelah barat Belanda-, maka Anda akan menemukan taman bunga terbesar di dunia, taman bunga Keukenhof.

Peta taman bunga Keukenhof
Taman bunga Keukenhof mulai dibuka untuk umum pada tahun 1949 sebagai obyek wisata oleh walikota Lisse, W.J.H. Lambooy. Jika dilihat dari atas, hamparan ladang tulip ini memperlihatkan berbagai macam warna yang sangat mempesona. Taman dengan luas 32 hektar ini hanya buka selama dua bulan dalam satu tahun, yaitu dari pertengahan Maret sampai pertengahan Mei. Kenapa? Karena waktu terbaik untuk melihat mekarnya bunga adalah pada akhir musim semi dengan suhu berkisar antara 15-20˚C. Pada pameran bunga di taman bunga Keukenhof akan ada tema yang berbeda di setiap tahunnya. Tema pada tahun 2013 ini adalah United Kingdom - Land of Great Gardens. Pameran bunga tahunan Keukenhof adalah salah satu pameran bunga terbesar di dunia. Tidak sedikit warga dari seluruh dunia pergi ke Belanda, kurang lebih sekitar 50 juta warga dunia datang untuk melihat indahnya hamparan bunga tulip di taman bunga Keukehof.

Keindahan taman bunga Keukenhof
Bunga tulip pada dasarnya hanya dapat tumbuh di daerah pegunungan, tapi pada abad ke-16, seorang peneliti bidang botani dari Universitas Leiden, Carolus Clusius berhasil membiakkan tulip di Belanda, yang sebagian wilayahnya berada di bawah permukaan laut. Ini menjadikannya tokoh pelopor dalam perkembangan bunga tulip di Belanda.

Belanda juga menjadi pelopor negara lain dengan adanya taman bunga terbesar di dunia ini. Tidak sedikit negara lain yang mengimpor biji bunga tulip dari Belanda untuk membangun taman bunga serupa di negaranya masing-masing. Padahal bunga tulip sendiri aslinya bukan berasal dari Belanda, melainkan dari Turki. Tapi bunga yang sekarang menjadi bunga nasional Belanda ini sangat terkenal di negri yang juga terkenal akan bendungannya ini. Saat ini, 80% produksi bunga tulip di dunia, ada di Belanda. Warna-warni bunga pun semakin beragam dengan semakin canggihnya teknologi untuk melakukan penyilangan bunga tulip.  Indah sekali dunia ini, bunga tulip khas Belanda bertebaran di seluruh dunia :).

Contoh beberapa negara yang mengikuti jejak taman bunga Keukenhof :

1. Amerika Serikat
Skagit Tulip Festival di Seattle, AS.
2. Kanada
Canadian Tulip Festival di Ottawa, Kanada
3. Singapura
Tulipmania di Gardens by the Bay, Singapura
Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi taman bunga Keukenhof di Belanda ini yang telah menginspirasi seluruh taman bunga di dunia? Saya juga tertarik sekali! Silakan kunjungi situs resminya di http://www.keukenhof.nl/ untuk info lebih jelas. Nederland, zal ik komen!!! :)

Referensi :

4 comments:

  1. wow, keren-keren bgt...
    pasti susah bgt tuw meliharanya...!!!
    kalau di Idonesia mungkin kya' taman selecta X yaa :)

    ReplyDelete
  2. @Mesin Kasir wah taman selecta dimana tuh bro? Yang ane sayangin di Indonesia itu tamannya cuma buat pajangan doang gak bisa buat duduk santai dengan berbagai fasilitas yang memadai. Semoga pemerintah bisa melihat potensi ini untuk menambah kualitas pariwisata Indonesia ^^

    ReplyDelete
  3. taman-taman di berbagai negara terlihat sangat indah semua ya..

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya.Semoga slalu menjadimanfaat bagi semuanya. Salam sukses slalu. Amin
    http://tokokarangbungapapan.klikspo.com/

    ReplyDelete