Thursday, August 6, 2015

Segarnya Berenang di Blue Lagoon Jogja

Musim kemarau sudah tiba. Musim dimana (seharusnya) tidak akan ada hujan dan daun-daun pepohonan akan berjatuhan karena kering. Pada musim kemarau, cuaca pada siang hari akan bertambah panas, sekitar 29-35 derajat celcius. Tetapi uniknya, malam pada musim kemarau terasa dingin. Biasanya ini terjadi di awal-awal musim kemarau, orang Jawa menyebutnya dengan Musim Bediding (cek google gan). 

Hmmm pengen cepet-cepet nyebur rasanya
Nah, pada postingan kali ini gue mau mengenalkan tempat wisata yang cocok untuk menyegarkan diri di teriknya sinar matahari musim kemarau. Adakah yang sudah mengetahui tentang Blue Lagoon di Jogja? Atau bahkan ada yang sudah mengunjunginya? Blue Lagoon ini terletak di Dalem Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk petunjuk arah, bisa dilihat di akhir postingan ini yak.

Sebelum berenang, baca dulu petunjuknya, ya..
Warga setempat dulunya menamai tempat ini Tirta Budi. Tetapi banyak wisatawan yang datang menyebutnya Blue Lagoon. Blue Lagoon dalam bahasa Indonesia berarti Laguna Biru. Laguna yang berwarna biru. Biasanya istilah Laguna digunakan untuk air laut yang berpisah dari laut yang dihalangi oleh karang atau pasir atau semacamnya dan membentuk suatu kolam. Tapi Blue Lagoon Jogja ini jauh dari laut, lho. Mungkin istilah Blue Lagoon yang dipakai ini merujuk pada warna kolam itu sendiri. Karena kolam pada Blue Lagoon ini berwarna biru langit atau mendekati tosca. Ini diakibatkan oleh pantulan sinar matahari yang memantul sampai dasar kolam, yang di dasar kolam ini sendiri terdapat gangga-gangga biru. Taraaaa, disebutlah Blue Lagoon.
Anak-anak Desa ini siap melompat dari atas pohon, wuzzzzz.
Para pengunjung pun menantikan anak-anak tersebut lompat.
Byurrrrrr
Selain Tirta Budi/Blue Lagoon ini, terdapat juga Sendang Lanang dan Sendang Putri. Tetapi banyak wisatawan yang lebih tertarik akan Blue Lagoon-nya. Anyway, berenang di sini segarrrrrrr banget. Karena airnya benar-benar alami dari mata air setempat. Kedalaman air di tengah kolam mencapai 3 meter. Disarankan kalau ingin berkunjung ke tempat ini, datanglah pagi hari dan weekdays. Dijamin, Blue Lagoon ini akan serasa milik lo sendiri karena sepinya. Pikiran tenang, hati nyaman, badan pun segar. Aaah indahnya.

Setelah puas berenang, bisa loh santai dulu.
Terdapat juga warung-warung yang siap melayani Anda
ketika lapar atau bahkan bermain bola voli hehe
Wisatawan yang berkunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp.3.000 (Agustus 2015). Ketika gue pertama kali ke Blue Lagoon ini (Agustus 2014), hanya dikenai biaya parkir kendaraan, belum ada biaya masuk. Untuk fasilitas pun masih seadanya, beda dengan sekarang yang sudah banyak warung berdiri, bahkan terdapat lapangan bola voli, musholah, toilet, dan tempat parkir yang luas. Dengan makin terkenalnya tempat ini, diharapkan wisatawan yang berkunjung untuk selalu menjaga kebersihan Blue Lagoon. Jangan sampai merusak keindahan alam ini ya, guys. 

Di perjalanan pulang, bisa juga loh menikmati pemandangan sawah yang asri.
Petunjuk arah (sumber http://bluelagoonyk.blogspot.com/): 
1. Silakan ke Jalan Kaliurang KM 13 (Desa Mbesi),
2. Lalu ambil arah ke timur (belokannya tepat di depan Indomart) melewati Jalan Mbesi - Jangkang,
3. Lurus terus sampai mentok ada pertigaan yang ada Bank BPD DIY atau Apotek Amira,
4. Ambil arah selatan (atau kanan kalo dari barat) 300 m,
5. Terdapat plakat atau arah jalannya ke Blue Lagoon (ikuti saja),
6. Dan selamat menikmati wisata alami dari Blue Lagoon.

Happy traveling!!!

1 comment:

  1. berenang di blue lagoon terlihat segar sekali ya apalagi airnya jernih.

    ReplyDelete