Saturday, June 18, 2016

Makanan Khas Cilacap Ini Tampak Lezat, Slurp!

Pada bulan Ramadhan kayak gini, yang terlintas di semua orang adalah pulang kampung. Iya, tradisi pulang kampung pada bulan Ramadhan emang udah kental banget. Begitupun keluarga gue, setiap tahunnya kami pasti pulang kampung ke Cilacap.

Yup, kota di pesisir selatan Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat ini selalu gue rindukan. Suasana Ramadhan di kampung halaman emang bikin kangen, apalagi ketemu mantan-mantan saudara-saudara gue lainnya.

Hal yang gue rekomendasikan ketika lo berkunjung ke Cilacap adalah wisata kuliner! Iyaaa makanan-makanan khas Cilacap bikin glek banget deh, alias nikmat nan lezat. Tapi sebelum lo berkunjung ke Cilacap, jangan lupa booking hotel dulu bray. Gak mau kan pas lo berkunjung ke sana, semua hotel udah full booked? Sakittt rasanya. Gue saranin sih lo booking hotel aja dulu di Traveloka.

Alright, masalah hotel beres! Setelah itu saatnya kulineraaan. Berikut makanan yang bisa lo nikmatin ketika berada di kota ini.


Seafood di Pantai Teluk Penyu
Rumah makan yang gue rekomendasikan adalah Lesehan Ikan Bakar 70 yang terletak di pinggiran Pantai Teluk Penyu. Yang lebih spesialnya lagi, lo bisa nikmatin panorama pantai yang ciamik saat lo menyantap makanan.

Fresh seafood
(sumber: beritasehat.com)
Menu seafood kayak cumi, ikan, udang, kepiting tersedia dengan fresh di sana. Untuk olahan hidangannya pun bisa lo pilih sendiri mau kayak gimana. Bisa digoreng tepung, dibakar, di masak asam manis atau dimasak saus padang.

Sebagai pelengkap menu, tersedia juga sayuran seperti kangkung dan juga toge, yang dimasak dengan campuran telur puyuh ataupun udang. Untuk harga per-porsinya sekitar Rp 40.000 sampai dengan Rp 90.000, tergantung seberapa banyak pesanannya.

Tempe Mendoan
Salah satu makanan khas di Cilacap adalah  tempe mendoan. Mendoan ini terbuat dari tempe yang dipotong tipis dan melebar, kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang sudah di campur bumbu. Paling enak, mendoan dimakan pas masih hangat, terus disajikan dengan sambal kecap spesial atau cabe rawit hijau. Rasanya? Maknyussss.

Tempe mendoan
(sumber: makanankhasdariindonesia.blogspot.com)

Kalo mau beli tempe mendoan, biasanya di setiap pasar tradisional ada yang jual tempe mendoan. Nah, lo pergi deh ke pasar pagi-pagi, selain bisa berbaur dengan warga lokal, lo juga bisa menyantap nikmatnya tempe mendoan.

Brekecek
Bagi penduduk luar kota Cilacap, mungkin mendengar nama Brekecek terkesan aneh ya. Tapi masakan ini sama sekali gak akan terasa aneh di lidah kalian. Karena makanan khas Cilacap ini terasa seperti ikan rica-rica. Jenis ikan yang biasa digunakan untuk membuat brekecek adalah ikan jahan.

Bahkan per November 2014 pemerintah Kota Cilacap menetapkan brekecek sebagai makanan khas Cilacap yang bertaraf nasional. Beeeh udah gak usah diragukan lagi dong berarti rasanya. Pasti bikin nagih. Nah, kalo mau menikmati makanan khas Cilacap ini, silakan ke rumah makan yang terletak di Jalan Slamet  no. 5 Cilacap. Rumah makan ini diresmikan langsung oleh pemerintah Kota Cilacap lho.

Brekecekkks
(sumber: lifestyle.liputan6.com)

Sate Martawi
Sate ayam khas Cilacap ini punya ciri khas yang unik, yaitu tusuk sate yang digunakan berjumlah dua untuk setiap satenya. Selain itu daging ayamnya pun disajikan dalam potongan yang cukup besar. Rasa sate yang terasa gurih dan manis ini disajikan dengan bumbu kacang yang terbuat dari bumbu dan rempah-rempah yang khas. Biasanya sate martawi ini disajikan dengan pilihan lontong atau nasi putih.

Sate yang khas dengan dua tusuk
(sumber: tripadvisor.com)

Location: Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia

7 comments:

  1. eh, beneran baru tau lho ada sate Martawi! 2 taunan lalu pas ke Cilacap kok temen gak ngajakin ke sini yaaa... xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin belum terlalu terekspos bang, yang tau baru orang lokal di sana :v

      Delete
  2. wahh makanan khasnya terlihat enak tapi kalau tempe mendoan sih di sini juga banyak.. hehe

    ReplyDelete
  3. TErima kasih atas informasinya...semoga sukses
    http://grosirsponmandi.klikspo.com/

    ReplyDelete