Thursday, November 23, 2017

Ke Banjarmasin, Jangan Lupa Makan Hidangan Khas Banjar Ini!

Makanan enak gak harus mahal. Mungkin itulah prinsip saya untuk bersantap ketika jalan-jalan. Maklum, bajet traveler kayak saya begini emang harus irit dan selalu mengencangkan ikat pinggang.

Ngomong-ngomong tentang wisata kuliner, saya penasaran banget sama kuliner di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Emang siiiiih, saya belom pernah ke sana sama sekali. Bukan cuma Banjarmasin, tapi juga keseluruhan tanah Borneo belum saya injak. Sedih.

Semoga, suatu saat nanti saya bakal ke sana! Bagaimanapun caranya.

Saking semangatnya, bahkan saya udah bookmark salah satu situs penerbangan murah untuk ke Banjarmasin, di sini nih link-nya. Niat kan? Haha.

So, untuk sekarang saya baru bisa bermimpi dan mengawang-awang ketika berkunjung ke Banjarmasin mau makan apa. Katanya sih, makanan khas Banjar ini mudah banget ditemuin di seluruh penjuru kota. Di mana pun kamu menginap, pasti di sana ada restoran khas Banjar. Wadaw makin penasaran.

Btw kamu tau gak makanan khas Banjar itu apa aja? Kalo belom tau, nih saya kasih daftarnya. Mungkin bisa berguna buat kamu kalo mau berkunjung ke sana. Check it out, gaesss!

1. Soto Banjar
Sesuai namanya, soto Banjar emang berasal dari kota ini. Saking terkenalnya, soto Banjar dapat pula kita temui di kota-kota lain selain Banjarmasin. Namun tentu aja, cita rasa masakan ini pasti lebih mantap bila disantap di tempat asalnya. Mmmhh.

Soto Banjar (Sumber: Saelekko)
2. Mandai
Tunjuk tangan bila kamu baru denger makanan ini pertama kalinya!? Mandai adalah makanan kecil yang dibuat dari daging kulit buah kayak kulit buah nangka dan cempedak. Pembuatannya ternyata memerlukan waktu lumayan lama, karena adonan kulit buah dan garam harus didiamkan agar meresap. Walaupun lama proses pembuatannya, kalo makanan ini udah dihidangkan, pasti kamu akan tergiur!

Mandai (Sumber: Ghiboo)
3. Iwak Karing Telang Masak Asam
Telang adalah nama ikan asin yang terkenal di kota ini. Berbeda dengan penyajian ikan asin di daerah lain yang biasanya digoreng, telang di Banjarmasin dimasukkan di sayur bening dengan bumbu asam. Hmmm… Perpaduan rasa asam dan asin di lidah sungguh membuat lidah bergoyang! Katanya yaaa, soalnya saya belom pernah coba wkakaka.

Baca juga: Ini Cara Unik Merencanakan Liburan... Dijamin Hemat Waktu dan Lebih Murah!

4. Lontong Orari
Lontong orari adalah lontong yang disandingkan dengan kuah sayur dan lauk lainnya. Disebut lontong orari karena nama warung orari adalah warung yang paling terkenal enak yang menyajikan makanan ini. Karena bumbunya yang khas, katanya banyak orang yang bisa nambah sampe 2 porsi loh! Haha gak kebayang kalo saya pasti nambah 5 porsi.

Lontong Orari (Sumber: cumilebay.com)
5. Apam Barabai
Jajanan ini terbuat dari tepung beras, gula merah, singkong dan santan. Warnanya ada merah atau putih. Kelebihan dari apam barabai adalah bisa bertahan cukup lama, jadi kamu gak perlu risau kalo mau bawa makanan ini sebagai oleh-oleh.
6. Nasi Itik Gambut
Gambut adalah nama salah satu kecamatan di kota Banjarmasin. Setibanya di Bandara Syamsudin Noor, katanya kita akan melewati Kecamatan Gambut dalam perjalanan menuju Banjarmasin. Konon daerah ini terkenal dengan makanan khas nasi itik, dengan bumbu habang (merah) khas Banjar yang disajikan di atas daun pisang. Banyak warung di Gambut yang menjual nasi itik ini. Ngiler euy, jujur.

Nasi Itik Gambut (Sumber: KSM Tour)
7. Berbagai makanan tradisional Banjar
Kalo kamu hanya punya sedikit waktu untuk icip-icip kuliner khas Banjar, ada baiknya untuk beli makanan ringan khas Banjar deh. Toko yang paling terkenal itu namanya Pondok Bahari. Toko ini terletak di simpang Jl. Piere Tendean dan buka 24 jam! Enaknya lagi, toko ini deket banget sama tempat wisata Menara Pandang dan Siring Sungai Martapura. Sambil jajan, sambil jalan-jalan. Yihaaa.

Tiket pesawat udah aman, makanan juga udah tercatat untuk siap dinikmati, kira-kira yang kurang apaan yak?

Ohiyaaa kurang hotel! Wah untuk keingetan sekarang.

Btw saya punya rekomendasi nih buat kamu yang mau cari hotel murah di Banjarmasin. Selain sesuai dengan lokasi, hotel ini juga pasti bakal pas di anggaran kamu karena sangat terjangkau. Penasaran? Coba deh kamu cek rekomendasi hotel murah Banjarmasin di Airy Rooms, dijamin murmer!

Enaknya lagi, ternyata hotel yang terdaftar di Airy Rooms menawarkan tujuh jaminan fasilitas loh, beberapa di antaranya wifi gratis, TV layar datar, dan shower air hangat di setiap kamar.

Kalo gini caranya sih, jalan-jalan ke Banjarmasin bakal nyaman banget. Jadi gak sabar pengen ke sana…

0 comments:

Post a Comment