Kamis, 15 Oktober 2020

Yuk, Dekor Ulang Kamar Biar Makin Semangat Kerja di Rumah

Di postingan sebelumnya [DI SINI], saya sudah cerita bagaimana efek kerja dari rumah atau work from home (WFH) bisa membuat tagihan listrik membludak. 

Nah, kali ini saya mau bahas WFH lagi tapi dari sisi yang berbeda, yakni dalam rangka meningkatkan produktivitas.

Seperti diketahui ya, pasti kamu boseeeeen kerja di rumah terus. Ketemunya itu-itu lagi, duduknya di tempat yang sama, pemandangannya juga monoton. Alhasil, kerja jadi males dan gak produktif.

Seorang pria mengetik dengan laptop di atas meja berwarna putih yang dihiasi tanaman.

Tentu ini udah jadi alarm buat temen-temen untuk ubah suasana kamar atau ruang kerja. Beberapa hari yang lalu saya baca di web Schneider Electric yang mengatakan bahwa rumah adalah kanvas.

Maksudnya apaan tuh? Well, kalo saya terjemahin sih maksudnya adalah kita sebagai penghuni bisa sepuasnya mencoba dan bereksperimen mengubah tata letak perabot, bentuk, bahan, dan warna sepuasnya.

Tapi inget guys, menata ulang juga ada tekniknya. Jadi, saya ada beberapa tips dan inspirasi nih buat kalian. Silakan baca sampai selesai, ya!

1. Ganti warna cat dinding

Warna dinding sangat memengaruhi mood seseorang di dalam rumah. Oleh karena itu, kamu bisa mengubah warna cat dinding lebih cerah supaya  memberikan mood ceria. Tapi, jangan terlalu cerah juga karena bisa jadi menimbulkan kesan norak. Lebih baik, gunakan warna-warna pastel yang lembut.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan warna monokrom hitam dan putih untuk memberikan kesan rileks serta fokus.

2. Tambahkan unsur tanaman dan kayu-kayuan

Saat ini tanaman hias di dalam ruangan sedang menjadi tren. Bentuk tanaman yang unik dan fungsinya yang bisa mengatur sirkulasi udara membuat tanaman indoor dikagumi banyak orang.

Kamu bisa membeli tanaman seperti monstera, lidah mertua, atau kaktus. Letakkan tanaman ini di sudut-sudut ruangan atau di atas meja kerjamu. Selain itu, tambahkan pula unsur kayu-kayuan yang bias memberikan efek kenyamanan dan kehangatan.

3. Perhatikan detail

Bagian ini sering diabaikan banyak orang. Bagian-bagian detail seperti sakelar lampu, penempatan stopkontak, atau gantungan baju kerap diletakkan begitu saja tanpa melihat unsur estetika ruangan.

Untuk sakelar lampu, misalnya, ada baiknya sesuaikan desain barang kecil ini sesuai dengan konsep ruangan. Saat ini juga sudah banyak produsen sakelar atau stopkontak yang menyediakan banyak model. Sebut saja Schneider Electric yang mempunyai 150 desain dan 454 pilihan warna.

Tak hanya itu, penempatan gantungan baju juga sebaiknya diperhatikan. Sebisa mungkin, hindari meletakkan tempat gantungan di belakang pintu karena terkesan acak-acakkan. Untuk hasil yang lebih rapih, gantungkan baju di dalam lemari khusus serta pisahkan antara baju yang belum dipakai dan yang sudah dipakai.

Saklar dengan inovasi terbaik dari Schneider Electric, AvatarOn

4. Gunakan furnitur multifungsi

Ruang minimalis jadi salah satu inspirasi yang juga sedang ramai diperbincangkan. Dengan konsep minimalis, kamu hanya memerlukan beberapa perabot yang dianggap esensial. Selain itu, perabot yang digunakan juga harus multifungsi agar tak sia-sia.

Misalnya, di bawah tangga ada rak buku yang juga bisa dijadikan rak sepatu. Kemudian, tempat tidur yang bisa dilipat menjadi meja kerja pada siang hari.

Baca juga: Ada Rencana Pasang Detektor Asap di Rumah? Simak Dulu 4 Tips Berikut...

5. Pindahkan meja kerja dekat jendela

Bosan berhadapan dengan tembok saat bekerja di rumah? Coba deh ubah letak meja kerja yang tadinya merapat dekat tembok menjadi berada di dekat jendela. Cahaya matahari pagi yang hangat tentu akan sangat bagus untuk badan dan mood kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan unsur tanaman dekat jendela agar sesekali bisa memandangi tanaman dikala jenuh dengan pekerjaan. Tanaman yang berbunga pun bisa jadi pilihan.

Nah, itu dia 5 tips dan inspirasi yang bisa kamu coba untuk membuat suasana WFH lebih hidup hahaha. Selamat berkreasi, ya!

Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar