Selasa, 22 Juni 2021

Teknologi Nirsentuh di Hotel Bikin Tamu Nyaman dan Aman

teknologi nirsentuh di hotel dari Schneider Electric

Halo guys!

Tak bisa dimungkiri, kencangnya arus pemanfaatan teknologi dan fitur baru di sejumlah sektor industri disebabkan oleh kehadiran pandemi Covid-19. Pemanfaatan teknologi baru tersebut pun sebagian besar ditujukan untuk mengurangi kontak fisik antarmanusia atau manusia dengan benda.

Salah satu industri yang mulai menerapkan ragam teknologi baru adalah sektor perhotelan. Fasilitas berteknologi tinggi, seperti kontrol kamar otomatis kini dianggap sebagai suatu kebutuhan vital.

Namun, investasi teknologi pada industri perhotelan tidak hanya difokuskan pada standar kenyamanan dan kemudahannya saja, tetapi harus memerhatikan solusi yang memungkinkan hotel dapat lebih mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan wabah pandemi di masa depan.

Baca juga: Kunci Atasi Perubahan Iklim: Membangun Data Center yang Tangguh dan Berkelanjutan

Beberapa teknologi baru yang mulai diterapkan adalah check-in/out secara online, penggunaan smartphone sebagai kunci virtual, berbicara dengan resepsionis menggunakan smartphone, dan kemampuan untuk pengoperasian hiburan di kamar tanpa sentuhan, seperti sistem pengaturan pencahayaan, suhu, serta tirai.

Dari sudut pandang pemilik hotel, tren menuju percepatan integrasi teknologi kontrol kamar otomatis menghadirkan tiga peluang untuk pertumbuhan bisnis baru.

Pertama, meningkatkan kenyamanan tamu. Solusi kontrol kamar dapat dikonfigurasi para tamu agar tamu dapat mengunduh aplikasi sederhana yang memungkinkan kontrol pribadi melalui smartphone.

Kedua, meningkatkan operasional dan efisiensi energi. Solusi kontrol ruangan memungkinkan penggunaan energi di dalam ruangan dapat disesuaikan secara otomatis, berdasarkan parameter ruangan dalam status “ditempati” atau “tidak ditempati”.

Sensor di kunci pintu dan langit-langit akan mendeteksi kehadiran tamu. Bila tamu meninggalkan ruangan, lampu akan mati secara otomatis, suhu pendingin ruangan akan menyesuaikan, dan tirai secara otomatis tertutup untuk menghemat energi.

Ketiga, pemeliharaan yang lebih cepat dan lebih responsif. Staf pemeliharaan dapat mengidentifikasi masalah dari jarak jauh sebelum memasuki ruangan dan dapat cepat mengatasinya tanpa mengganggu tamu.

Teknologi EcoStruxure

Saat menjelajahi pasar untuk mencari solusi manajemen kamar tamu terbaik, pengelola hotel harus mempertimbangkan empat aspek solusi penting yang memungkinkan pengendalian biaya sekaligus meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan tamu:

Baca juga: Transformasi Digital Jadi Fokus Utama Scheneider Electric pada Acara Innovation Day 2021

1. Sistem terbuka untuk memungkinkan integrasi yang mudah dari sejumlah aplikasi pihak ketiga, seperti property management systems (PMS), kunci pintu dan tirai jendela otomatis, serta sistem pencahayaan dan ventilasi cerdas.

2. Sistem modular yang dapat menawarkan fleksibilitas untuk upgrade dari layanan dasar ke layanan lebih lengkap dengan biaya minimum. Hal ini akan memungkinkan pemilik hotel dapat lebih mudah memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan tamu yang berubah.

3. Sistem keamanan siber yang dirancang dengan proses secure development lifecycle untuk meminimalisasi risiko peretasan oleh penjahat siber.

4. Dasbor intuitif dan berwawasan luas yang dapat memberikan data tentang pemakaian energi serta jumlah tamu. Dasbor harus mudah dipahami dan bermanfaat bagi departemen teknik, housekeeping, dan staf manajemen hotel.

Keempat faktor tersebut pun menjadi fokus salah satu perusahaan yang bergerak di bidang energi dan automasi, Schneider Electric untuk menghadirkan solusi EcoStruxure Connected Room Solutions for Hotels

Solusi Exostruxure terbaru itu akan memudahkan pengelola hotel dalam melakukan pemantauan, pengawasan, manajemen energi, dan peningkatan kenyamanan tamu untuk menuju hotel masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar