Sabtu, 25 September 2021

Beberapa Sistem yang Harus Diperbarui Perusahaan Tambang di Era Industri 4.0

transformasi digital pada industri pertambangan

Transformasi digital pada sektor pertambangan membutuhkan banyak perencanaan dan visi. Teknologi lama, seperti peralatan listrik dan protokol komunikasi harus diperbarui. Perusahaan pun sekarang minimal harus menggunakan Windows 10 dan mesin virtual yang terhubung ke infrastruktur cloud serta jaringan edge computing.

Protokol yang lebih baru mendukung konvergensi teknologi informasi (IT) dan teknologi operasional (OT) serta memungkinkan manajemen jarak jauh dan akses data yang lebih mudah.

Baca juga: Kebutuhan Sektor Industri Meningkat, Schneider Electric Hadirkan Sertifikasi Industrial Edge Computing

Dengan demikian, pembaruan jaringan menjadi kunci penerapan sistem pengumpulan data dan analitik yang memungkinkan pemantauan real-time serta pemeliharaan prediktif.

Untuk mendukung konvergensi IT/OT dan operasi yang terhubung, industri pertambangan perlu menerapkan Industrial Internet of Things (IIoT) dan jaringan edge computing. Jaringan IIoT mengirimkan data yang diambil dari sensor di lokasi. Sementara, jaringan edge memproses dan menganalisis data tersebut secara real-time.

Tantangan dan solusi

Semua perubahan yang terjadi di sektor tambang memunculkan beragam tantangan. Tantangan terbesar adalah penggunaan sistem cyber security. Saat industri tambang menerapkan sistem baru dan menjadi terhubung, mereka harus memastikan bahwa semuanya dilindungi melalui praktik dan teknologi cyber security terbaik.

Cyber attack atau serangan siber adalah bahaya yang selalu ada. Tantangan lain melibatkan keselamatan operasional dan kebutuhan akan keahlian untuk merencanakan dan melaksanakan transformasi digital. Sebagian besar perusahaan tidak memiliki semua keahlian dan pengalaman teknis yang diperlukan untuk transformasi digital sendiri.

Baca juga: 3 Tindakan yang Harus Dilakukan Negara dan Industri untuk Mengatasi Perubahan Iklim

Schneider Electric sebagai salah satu perusahaan yang memiliki fokus dalam membatu transformasi digital industri tambang pun tak tinggal diam. Melalui kecanggihan platform EcoStruxure for Industry, Schneider Electric menghadirkan visibilitas, pemantauan, dan manajemen jarak jauh untuk meningkatkan efisiensi serta keamanan perusahaan.

Schneider Electric juga menyediakan sistem dan layanan untuk mengoptimalkan kinerja aset untuk memungkinkan kerja jarak jauh, menyediakan akses jarak jauh untuk pemecahan masalah (Secure Connect), akses kapan saja/di mana saja untuk diagnosis (Augmented Operator), dan platform layanan berbasis cloud yang melacak peralatan dari jarak jauh (Machine Advisor).

Lokasi: Jakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar