Kamis, 17 Maret 2022

Rumah Hemat Energi, Bagaimana Cara Membangunnya?

Bangunan rumah hemat energi

Bangunan hijau atau bangunan hemat energi disebut sebagai struktur yang dirancang secara eksklusif untuk menawarkan pengurangan jumlah keseluruhan energi secara signifikan yang digunakan oleh sebuah bangunan.

Sebagai informasi, Schneider Electric merupakan salah satu perusahaan yang menawarkan serangkaian produk dan solusi untuk masa depan yang sehat dan berkelanjutan. Panel profesional ahli dari Schneider Electric akan memastikan untuk menjembatani kesenjangan antara keberlanjutan dan kemajuan sambil mencapai target global net-zero dalam rentang waktu singkat.

Retrofit berkelanjutan, prosedur dekarbonisasi, maksimalisasi listrik, dan pengembangan bahan daur ulang yang efektif adalah beberapa fasilitas yang Schneider Electric tawarkan untuk menjadikan rumah lebih efisien dan andal.

Baca juga: Membangun Bangunan dengan Prinsip Net-Zero

Selain itu, kamu juga dapat menghubungi pembangun rumah, desainer interior, dan teknisi listrik dari Schneider Electric yang kompeten. Mereka akan memastikan bahwa semua sistem dipasang dengan tepat dan akurat, tanpa meninggalkan ruang untuk kesalahan listrik dan teknis. .

Namun, untuk mewujudkan bangunan hemat energi, ada beberapa fitur yang saling terintegrasi, berikut di antaranya.

1. Panel listrik tenaga surya

Berkali-kali, para peneliti dan ahli profesional di seluruh dunia telah menekankan manfaat dan keuntungan berinvestasi dalam sumber energi terbarukan, seperti tenaga air, panel surya, dan kincir angin.

Saat mendesain bangunan yang hijau dan sehat, hal pertama yang disarankan oleh para desainer dan pembangun adalah memasang panel listrik tenaga surya. Ini secara efektif mengubah sinar matahari menjadi listrik dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, seperti gas alam, minyak, dan batu bara.

Baca juga: Segudang Manfaat Edge Computing, Salah Satunya untuk Melindungi Lingkungan

Dengan kata lain, ini juga memastikan bahwa sebuah bangunan tidak berkontribusi terhadap degradasi lingkungan sambil menurunkan jumlah total tagihan energi dengan margin yang cukup besar.

2. Bahan konstruksi berkelanjutan

Ketika berbicara tentang pembangunan berkelanjutan dan membangun rumah hemat energi, pemilik bisnis di seluruh dunia telah menemukan ide-ide baru untuk mendukung bangunan ramah lingkungan. Konstruksi setiap jenis bangunan, baik itu rumah tangga, industri, atau komersial, membutuhkan beberapa sumber daya, yang mengarah pada pelepasan polutan, senyawa, dan minyak.

Baca juga: Hari Perempuan Internasional, Schneider Electric Dukung Kampanye #BreakTheBias

Di sisi lain, bahan konstruksi yang digunakan dalam membangun bangunan yang sehat, biasanya termasuk baja daur ulang, panel insulasi vakum, alternatif kayu bambu, dinding beton berinsulasi, panel insulasi struktural, dll.

3. Integrasi sistem automasi rumah

Kombinasi inovatif dari digitalisasi dan teknologi canggih telah menghasilkan serangkaian sistem automasi rumah yang efektif dan sangat produktif.

Kedua hal tersebut adalah kombinasi perangkat lunak dan perangkat keras yang terhubung ke jaringan nirkabel untuk mengontrol peralatan rumah tangga melalui perangkat pintar, seperti tablet atau smartphone. Selain itu, sistem tersebut juga dapat dikendalikan dari jarak jauh saat kamu tidak di rumah.

Baca juga: Industri Punya Peran dalam Menjalankan Bisnis yang Lebih Ramah Lingkungan, Berikut 4 Caranya

Ada beberapa jenis sistem automasi rumah atau smart home yang dapat kamu pasang, seperti automasi rumah berbasis saluran listrik, automasi rumah nirkabel, dan automasi rumah kabel. Semua perangkat ini akan memastikan bahwa rumah kamu membuang energi minimal sambil menghemat sejumlah besar uang untuk tagihan listrik kamu.

4. Ventilasi dan kontrol kelembaban

Rumah kedap udara dapat melindungi kesehatan kamu dan mencegah hilangnya energi dengan margin yang besar. Sederhananya, semakin sedikit celah dan kebocoran di dalam rumah, semakin sulit bagi udara untuk keluar dan masuk.

Jadi, bahkan dalam kondisi cuaca ekstrem, sistem pendingin dan pemanas tidak harus berfungsi penuh, menghemat uang dan energi. Penetrasi dinding pipa, penyegelan saluran HVAC, dan pengupasan cuaca jendela adalah beberapa dari banyak lokasi untuk penyegelan udara.

Manfaat rumah hemat energi

Membangun gedung yang cerdas, futuristik, dan sehat adalah langkah awal untuk membangun dunia yang hijau dan berkelanjutan untuk generasi mendatang. Lihatlah beberapa dari banyak manfaat dan keuntungan berinvestasi di rumah hemat energi:

  • Pengurangan kehilangan energi secara sia-sia dan tagihan listrik.
  • Semua sistem dan desain efisien yang terpasang menawarkan kontrol yang lebih baik.
  • Rumah hemat energi menawarkan lingkungan hidup yang lebih nyaman dan sehat.
  • Karena rumah hemat energi dibangun dengan cermat, mereka memiliki nilai jual kembali yang lebih baik.
  • Karena dibangun oleh profesional ahli, rumah hemat energi tidak memerlukan perbaikan dan penggantian secara cepat.

Lokasi: Jakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar