Minggu, 10 Juni 2012

Fratelli d'Italia & Das Lied der Deutschen

Yeah sekarang lagi ramai-ramai nya EURO 2012. Semua orang punya tim jagoannya masing-masing. Gak terkecuali gue. Kalo gue sendiri sih, bakal jagoin Italia dan Jerman. Yeay! Banyak alasan mengapa gue suka sama 2 negara itu. Pertama Italia, gak dipungkiri lagi gue suka sama negara itu udah dari kecil, ya mungkin tahun 2002 kali ya pas Piala Dunia di Korea-Jepang. Walaupun kata orang, Italia itu negara mafia dengan segala keburukannya, tapi dimata gue Italia adalah negara indah dengan bangunan khas Romawi-nya. Apalagi bahasanya, seksi-seksi gimanaaa gitu. Kedua Jerman, yes negara tempat Hitler berkuasa dulu dengan Nazi-nya ini juga sangat menawan dimata gue. Gue suka permainan bola Jerman sejak Piala Dunia 2002. Just for you know, jersey bola yang pertama gue beli adalah jersey Jerman dengan nama Jancker, nomer punggung 9. Waktu itu malamnya ada final Jerman v Brazil, nah gue cenderung dukung Jerman karena gue orangnya gak terlalu suka sama yang udah banyak orang fans-in, soalnya waktu itu Brazil sangat sangat populer. Jersey kedua yang gue beli Italia.

Oia sekarang gue dukung sepenuhnya 2 negara itu buat jadi juara di Euro 2012. Kali ini agak beda, karena gue bakal ngedukung kedua negara itu dengan ngapalin kedua lagu kebangsaan negara tersebut haha. Pada saat gue nulis ini, gue udah apal lagu kebangsaan Jerman, dan sedang dalam proses menghafalkan lagu kebangsaan Italia. Oke gue disini bakal share tentang lagu kebangsaan kedua negara tersebut itung-itung bagi ilmu hihi.


FRATELLI D'ITALIA
Judul lagu kebangsaan Italia adalah Fratelli d'Italia (Italian Brothers). Judul ini diambil dari bait pertama lirik lagu ini. Sering juga disebut Inno di Mameli (Mameli's Anthem). Mameli adalah pencipta lagu ini. Lagu ini diciptakan pada tahun 1847 sebagai penyemangat bangsa sebelum berperang dengan Austria pada 1848. Dan resmi menjadi lagu kebangsaan Italia pada 1861 pada saat penyatuan negara. Dalam pembuatan lagu ini pun Groffedo Mameli dibantu oleh seorang komposer yang bernama Michele Novaro, keduanya lahir di kota Genoa.

Berikut adalah teks dari Fratelli d'Italia, bagi kalian penggemar Italia, ikut apalin juga boleh hehe, cekidot:

Fratelli d'Italia
L'Italia s'è desta
Dell'elmo di Scipio
S'è cinta la testa.
Dov'è la Vittoria?
Le porga la chioma
Chè schiava di Roma
Iddio la creò.

Fratelli d'Italia
L'Italia s'è desta
Dell'elmo di Scipio
S'è cinta la testa.
Dov'è la vittoria?
Le porga la chioma
Chè schiava di Roma
Iddio la creò.

Stringiamci a coorte
Siam pronti alla morte
Siam pronti alla morte
L'Italia chiamò

Stringiamci a coorte
Siam pronti alla morte
Siam pronti alla morte
L'Italia chiamò, si.

Berikut video lagu beserta liriknya, enjoy!
Kalo gak kebuka, ke link ini aja http://www.youtube.com/watch?v=z3RToBymttA

DAS LIED DER DEUTSCHEN
Lirik lagu ini diciptakan oleh August Heinrich Hoffmann von Fallersleben sebelum masa Revolusi Jerman 1848. Lirik lagu ini dibuat dengan tujuan untuk menyuarakan suasana hati masyarakat berbahasa Jerman saat itu mengenai suatu "tanah air" bersama yang tidak mereka miliki, karena pecahnya Kekaisaran Suci Romawi bangsa Jerman.

Lirik ini dibuat untuk dimainkan pada alunan melodi ciptaan Joseph Haydn yang pertama kali dibuat pada tahun 1797.
Sejak berakhirnya Perang Dunia I, pemerintah Republik Weimar mengangkat lagu ini sebagai lagu kebangsaan. Pada saat itu, lagu ini populer dengan nama Deutschland über alles, mengambil baris pertama dari bait pertama liriknya. Arti dari ungkapan itu (yang berarti "Jerman di atas segalanya") sering disalahartikan sebagai keinginan untuk menguasai dunia, walaupun maksud sesungguhnya adalah untuk menunjukkan ada berbagai suku dan negara Jerman yang masih terpisah-pisah dan belum bersatu. Tetapi kesalahpahaman ini malah dieksploitasi oleh rezim Nazi Hitler sebagai pembenar politik ekspansinya.
Pada tahun 1952, melodi lagu ini kembali dipakai sebagai lagu kebangsaan Republik Federal Jerman (Jerman Barat) berdasarkan surat-menyurat antara Presiden Jerman Theodor Heuss dan Kanselir Jerman Konrad Adenauer, tetapi hanya bait ketiga yang dinyanyikan. Setelah penyatuan Jerman 1990, keputusan ini diperkuat oleh Presiden Richard von Weiszacker dan Kanselir Helmut Kohl sebagai lagu kebangsaan Republik Federal Jerman (Jerman bersatu). Secara resmi, Lagu Kebangsaan Jerman hanyalah bait ketiga dari keseluruhan naskah lagu ini.

Berikut adalah teks lagunya, ayo buat yang pendukung der Panzer apalin nih, jangan mau kalah sama gue hehe, ehhh tapi inget ya baik ketiganya aja yang dipake sekarang, gue garis bawahin deh biar gak bingung.


Deutschland, Deutschland über alles,
Über alles in der Welt,
Wenn es stets zum Schutz und Trutze
Brüderlich zusammenhält,
Von der Maas bis an die Memel,
Von der Etsch bis an den Belt -
Deutschland, Deutschland über alles,
Über alles in der Welt!

Deutsche Frauen, deutsche Treue,
Deutscher Wein und deutscher Sang
Sollen in der Welt behalten
Ihren alten schönen Klang,
Uns zu edler Tat begeistern
Unser ganzes Leben lang -
Deutsche Frauen, deutsche Treue,
Deutscher Wein und deutscher Sang!

Einigkeit und Recht und Freiheit
für das deutsche Vaterland!
Danach laßt uns alle streben
brüderlich mit Herz und Hand!
Einigkeit und Recht und Freiheit
sind des Glückes Unterpfand.
Blüh im Glanze dieses Glükces,
blühe, deutsches Vaterland!


Nih buat yang mau tau nadanya buka aja video ini, ada liriknya juga.
Buka link ini kalo video diatas gak kebuka http://www.youtube.com/watch?v=VhQwLeMcbRY&list=PLD907D019F720BD2C&index=1&feature=plcp.

Nunggu apa lagi? Apalin sekarang juga! Kalo lo dukung selain tim ini cari aja liriknya di google sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar