Minggu, 25 Desember 2016

Secuil Pengalaman Ujian B1 Bahasa Jerman

Di suatu hari di bulan Oktober 2016, tepatnya tanggal 17 Oktober, saya merenung banyak hal. Yak, tanggal itu merupakan hari dimana saya berulang tahun. "Loh kok di hari ulang tahun merenung? Bukannya seneng-seneng aja lek?".

Menurut saya, semakin tua umur kita ((((tuaaaa)))), akan semakin bijak kita merayakan ulang tahun kita. Bukan lagi tentang pesta, tentang traktir-mentraktir (walau masih aja ditagih haha), dan tentang hal lainnya. Tapi juga, waktunya kita merefleksikan apa yang sudah kita perbuat sebelum-sebelumnya dan apa yang akan kita lakukan di hari berikutnya untuk menggapai impian dan kesuksesan. Ihirrr.

Salah satunya adalah saya memikirkan impian saya untuk pergi ke Jerman. Selama empat tahun saya menempuh studi bahasa Jerman di kampus dan melihat teman satu-persatu sudah menginjakkan kakinya di tanah Jerman, sedangkan saya masih di sini-sini aja itu rasanya……..jleb.

Sebelum Ujian
Satu hal yang masih nyangkut di pikiran, saya mau pergi ke Jerman suatu hari nanti, tapi kok ada tahap yang belom saya lewatin ya sepertinya. Disitu saya mikir, apa yang belum saya lakukan. Daaaaan jawaban itu datang di hari berikutnya setelah saya bangun tidur. Sertifikat kemampuan berbahasa Jerman! Ya, saya belom pernah tes bahasa Jerman di Goethe untuk sertifikasi kemampuan berbahasa.

Hem, baru tau gue ada bajaj sama becak di Brandenburger Tor hahaha
Yaaaa, walaupun di kampus saya pernah tes yang namanya ZIDS (Zertifikat fȕr Indonesische Deutsch-Studenten) yang hampir selevel B1, tapi kegunaan sertifikat itu masih terbatas hanya untuk apply visa Au-pair saja.

So, dengan langkah pasti saya mencari info pendaftaran ujian B1 bahasa Jerman di website Goethe Institut Jakarta. Taraaa, ternyata pendaftaran ujiannya masih sebulan lagi, tepatnya tanggal 23 November 2016. Kalau mau liat jadwal-jadwal tes di Goethe Jakarta, bisa cek di SINI NIH.

Biaya untuk tes B1 lumayan mahal yaaa, yakni €105 dan dibayar dengan uang rupiah sesuai konversi mata uang hari itu, (anyway semakin tinggi levelnya, semakin mahal pula biaya tesnya).

Kartu Ujian B1 Goethe Institut Jakarta
Di hari H pendaftaran, menuju Goethe lah saya dengan membawa persyaratan yang harus dibawa, yaitu ktp/paspor asli, fotokopi ktp/paspor dan tentunya uang pendaftaran. Yeah dapatlah jadwal tesnya, tanggal 14 Desember 2016. Biasanya tes dilaksanakan sebulan setelah jadwal pendaftaran.

Sebenernya nekat juga sih saya ngambil tes B1 kalau dilihat dari track record saya selama setahun ini, jaraaaaang banget buka buku bahasa Jerman ataupun ngomong bahasa Jerman. Tapi ya saya tetap optimis dan gigih buat ngulang lagi pelajaran-pelajaran waktu kuliah dulu.

Buku Studio d A2 dan B1
Ada 4 keterampilan yang akan diuji, yaitu Lesen (membaca), Hӧren (mendengarkan), Schreiben (menulis), dan Sprechen (berbicara). Karena saya belom pernah sama sekali les di Goethe, saya gak punya modul pembelajaran dan contoh soal untuk mempersiapkan diri tes B1.

Baca juga: Kenapa Singapura dan Malaysia Selalu Diburu "Newbie Traveler" Asal Indonesia?

Ya walaupun untuk buku A1-B1 gue punya, tapi saya butuh latihan soal, bukan hanya materi biasa. Karena dari banyak berlatih soal, saya akan terbiasa dengan tipe soalnya dan juga bisa pede buat ngerjain soalnya. So, untuk keempat keterampilan itu saya hanya belajar dari MODUL INI + modul cara menulis surat/email untuk tes Schreiben (menulis) dari dosen saya sewaktu kuliah.

The Exam!!!
Rabu, 14 Desember 2016, hari H ujian pun tiba. Hampir dua bulan lamanya saya menunggu dan hanya dua bulan juga saya punya waktu belajar. Belajarnya pun sekilas-sekilas doang, karena saya juga disibukkan kerja. Oke nih, saya jelasin deh tentang soal-soal yang harus dikerjaan di ujian B1 Goethe:
  1. Keterampilan pertama yang diuji adalah Lesen (membaca). Terdapat 30 soal dan dibagi menjadi 5 Teile (bagian). Kelima bagian ini memiliki masing-masing teks dan pertanyaan yang harus diisi. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan ujian Lesen adalah 65 menit. So far sih, kalau kamu sering baca-baca buku/berita berbahasa Jerman, pasti kamu akan cepat paham tentang isi teksnya.

  2. Keterampilan kedua yang diuji adalah Hӧren (mendengar). Soal yang harus diisi juga ada 30 dan terbagi menjadi 4 Teile (bagian). Masing-masing bagian mempunyai tipe soal yang berbeda. Saran saya, kamu harus konsentrasi penuh di keterampilan ini, karena gagal fokus sedikit aja bisa lewat itu suara percakapannya.

    Harus teliti juga untuk membaca setiap perintah di setiap bagian, karena ada percakapan yang diputar 2x dan ada yang hanya 1x. Waktu untuk mengerjakan keterampilan ini adalah 40 menit.

  3. Masuk ke keterampilan ketiga yaitu Schreiben (menulis). Di bagian ini terdapat 3 Aufgabe (tugas/soal).
    - Untuk tugas yang pertama, kita diminta untuk menulis sebuah email ke teman kita yang tidak bisa hadir di suatu acara.

    - Kemudian tugas kedua, menanggapi pernyataan orang lain di suatu forum website terkait tema yang sedang dibahas olehnya, contohnya tema larangan merokok, kenakalan remaja, internet, kendaraan, dll.

    - Dan tugas yang terakhir yaitu mengirim sebuah email ke atasan/guru kita karena kita tidak bisa hadir di acara yang akan datang, contohnya acara pesta ulang tahun, festival, acara sekolah, dll.

    Dibutuhkan kreatifitas ide dan mengolah kata untuk keterampilan ini. Semakin kreatif isinya dan strukturnya, semakin bagus nilai yang akan kamu dapatkan. Waktu yang diberikan untuk keterampilan ini adalah 60 menit.

  4. Kemudian keterampilan yang terakhir adalah Sprechen (berbicara). Buat sebagian orang termasuk saya, pasti akan gugup menghadapi ujian ini. Karena kemampuan berbahasa kita akan diuji secara nyata di keterampilan ini. Pelafalan, kecakapan, nada berbicara, dan spontanitas sangat diperhatikan di sini. Di ujian keterampilan berbicara, penguji yang akan menguji langsung ada 2 orang. Kita pun akan dipasangkan dengan seorang partner yang dipilih acak oleh penguji. Terdapat 3 Teile (bagian) yang harus kita kerjakan.

    - Bagian pertama adalah membuat janji temu atau merencanakan suatu acara dengan partner kita. Kekompakan dengan partner yang baru kita kenal, wajib banget harus didapatkan.

    - Lalu lanjut ke bagian kedua, yaitu menjelaskan tentang suatu tema yang kita dapatkan secara acak. Kita akan mendapatan 2 tema dan wajib memilih salah satu dari tema itu. Saran saya, pilih tema yang bener-bener kamu kuasai. Karena kamu harus mempresentasikan tema tersebut ke kedua penguji dan partner kamu.

    - Bagian yang ketiga dan terakhir sih gampang menurut saya, hanya menanggapi atau bertanya kepada partner kita setelah dia selesai mempresentasikan temanya.

    Waktu yang diberikan untuk ujian keterampilan ini adalah 15 menit. Tapiiii kenyataannya bisa lebih lama loh. Pas saya ujian, saya keasikan ngobrol sama partner dan presentasi tema yang saya dapat, karena saya dapat feel-nya dengan partner saya itu dan tema yang saya dapatkan juga asik, yaitu tentang festival.

    NB:
    15 menit sebelum ujian berbicara, peserta akan diberikan soalnya. Nah, jadi gak perlu takut, karena di 15 menit ini kita sudah tau tema apa yang kita dapat dan apa yang akan kita bicarakan nanti. Langsung aja tulis di kertasnya apa yang mau kamu diskusikan dan presentasikan. Gak perlu takut juga sama pengujinya, karena menurut saya, sebagian besar penguji akan murah senyum, sehingga membuat peserta rileks. Kalau kamu lagi dapet penguji yang agak jutek, yaaaa itu nasibmu wkakaka.
Ujian hari itu selesai dengan rasa puas. Awalnya saya agak ragu sama kemampuan menulis dan berbicara saya, tapi setelah dijalani ternyata gak susah-susah banget. Malah justru saya ragu sama hasil keterampilan mendengar, karena saya sempat hilang fokus waktu mengerjakannya.

Seminggu kemudian, tepatnya 19 Desember 2016 hasil diumumkan melalui email. Daaaaaan hasilnya cukup memuaskan, nilai yang saya dapatkan:
Lesen (membaca) = 80
Hӧren (mendengar) = 73
Schreiben (menulis) = 77
Sprechen (berbicara) = 87

Sungguh diluar dugaan, nilai Sprechen saya paling tinggi diantara ketiga keterampilan lainnya hahaha. Tapi sedikit kecewa sih karena nilai Hӧren dan Schreiben saya gak sesuai target, yaitu minimal 80.

Oiya, untuk nilai tertinggi di setiap keterampilan adalah 100 dan nilai minimum untuk lulus adalah 60. Jadi kalau mau lulus jangan sampai dibawah 60 yaaa. Kalau gak lulus di salah satu keterampilan, kamu bisa remedial sebulan kemudian. Bayar lagi tentunya, makanya usahakan jangan sampai remedial hehehe.

Tips dan kunci menghadapi ujian B1 dan ujian lainnya kalau menurut saya sih, ya belajar! Haha. Eits tapi jangan serius-serius banget belajarnya, cintailah bahasa Jermannya terlebih dahulu, niscaya sewaktu kamu belajar pasti cepet nangkep.

Sering-sering baca berita berbahasa Jerman juga ya, di twitter kek, instagram kek, website kek, terserah. Dengan sering membaca, kamu akan mendapatkan kosakata baru secara gak langsung, tanpa harus kerja keras untuk menghafalnya.

Sering-sering juga denger podcast di radio online atau nonton video di youtube. Satu tips lagi, canangkan target nilai kalian, niscaya belajar kamu akan semakin semangat buat meraih target itu.

Banyaaaaak cara menuju Berlin! Hahaha. Semangat menggapai mimpi dan yang mau ujian semangat juga belajarnya, ya! Kalau mau tanya-tanya, boleh di kolom komen.

Tschȕβ!!!


UPDATE

Karena banyak teman-teman yang minta file soal B1 dan saya gak bisa bales satu-satu. Jadi, saya lampirkan filenya di Google Drive ya. Silakan teman-teman bebas mengaksesnya dan mohon maaf kalau banyak komentar yang gak saya balas.

Link Latihan Ujian B1 Bahasa Jerman >>> KLIK DI SINI

Baca juga: Berbahagia dan Bersedih di 2017 - Sebuah Kaleidoskop
Lokasi: Jakarta Metropolitan Area, Indonesia

78 komentar:

  1. Mantaap lek! !! Kayanya aku juga harus nekat ^^ nice share ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha harus itu nggi. Semangat, ya!

      Hapus
    2. Halo ka Alex,makasih udh bagi pengalaman nya:) jujur si aku degdegan bgt,krn tgl 16 desember bakal ujian sertifikat B1 & aku udh kepikiran bgt,pas baca ini bisa lebih positif thinking lagi. Danke für Ihre Erfahrung:)

      Hapus
  2. Kak ,,, trus cinta di hatimu siapa ??? jangan bahasa jerman juga yaaa hua hua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bisa aja bang cum, rahasia lah baaang :D

      Hapus
    2. Atau cinta mu selalu pada "KEJOMBLOAN" hahaha

      Hapus
  3. wohoooo nice shot bro, I have to try that "nekat" Wahahahaha. Thanks, nice info :)

    BalasHapus
  4. emejing sekali kak ! kepengen, tapi ada takut-takutnya gitu wkwk but thanks infinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus berani dong! Eh btw kamu kerja di Jakarta sekarang?

      Hapus
  5. hai, salam kenal..
    boleh minta soft copy A2 sm B1 nya gak? *gak modal banget ya?:))..
    soalnya ga les di goethe dan bukan anak bahasa.. tapi pengen tes b1..
    gak boleh juga gpp sii.. hihihi
    email me ke evi.soedarsono@gmail.com kalo emang mau kasi
    Makasi banget share ilmunya,..yang ternyata bikin ngeri.. ;)

    BalasHapus
  6. kak mau juga dong di kasih softfile yang kayak di atas ini (A2-B1/apapun berbau jerman) hehehehe send ya kak ke bintangmhmd99@gmail.com terima kasih kak! semoga sukses hehehehe.

    BalasHapus
  7. Kak mau dong softcopy nya. Boleh, oder?
    Email: nichadeutsch@gmail.com

    BalasHapus
  8. hallo kak.. boleh minta juga softcopynya?
    sama ada latihan2 lagi untuk ujiannya? hehe
    email: cc.mimi@yahoo.com
    danke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Sisiy, habe schon gemacht! Semangat ujiannya ya :D

      Hapus
  9. Bro bisa bagi softcopynya gk? hehe
    email : 02Daff@gmail.com

    Vielen Dank!

    BalasHapus
  10. Ka mau softcopy nya juga dong hehehe. Email : maudinisafira20@gmail.com. Danke schön!!!

    BalasHapus
  11. Mau dung Kalo punya yg A1....sy beginner
    tutikratna@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, untuk A1 saya belajar dari sini kak http://www.goethe.de/lrn/prj/pba/mat/deindex.htm dan http://www.goethe.de/lrn/prj/pba/bes/sd1/mat/deindex.htm. Klik aja file-nya nanti terdownload scr otomatis ;)

      Hapus
  12. Kak mau juga dong softcopynya trhamd2011@gmail.com trimakasih banyak kak sukses selalu :)

    BalasHapus
  13. Terima kasih sarannya. Sangat informatif. ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, kalau boleh saya juga mau modulnya Mas, yang B1. Email saya rizkymamatb@gmail.com terima kasih

      Hapus
  14. Aku juga mau donk soft copy nya send ya novanshoul@gmail.com

    BalasHapus
  15. Ka boleh minta modul dan soal ujian A2 dan B1 karena saya mau ujian A2 di bulan Feb 2018 dan B1 di bulan Mei 2018. Email saya : keziavalencya@yahoo.com. Danke ka.

    BalasHapus
  16. Pada banyak yang minta softcopy ya bang, aku juga mau dong di bagi .. heheheh makasih angchrs@gmail.com

    BalasHapus
  17. kak, bole minta softfile B1 juga ga wkwkwkwk.Email saya corneliandini@gmail.com , Makasi kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Cornelia, habe schon gemacht yaaa. Silakan cek email :)

      Hapus
  18. Assalamualaikum kak.. sya kesulitan dgn kosakata2 untuk level B1 nya termasuk ungkapan2nya jga. Slama ini sya masih terpaku di level A1 saja. Mungkin bisa share materi khusus untuk level B1 kak.. kalau ada ebook nya boleh dikirimkan ya kak.. emailnya: tsanyelsyafa@gmail.com danke schön..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam kak. Sudah terkirim materinya ke email tsb yaaa. Semangat belajar dan semoga bisa cepet nguasain B1! hehe

      Hapus
  19. hallo lek..ini senior kamu zaman kuliah dlu...kk boleh minta softcopy ujian a2 b1 nya kah...klo berkenan anaardi205@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak! Wah senior angkatan berapa? Hehehe
      Sudah terkirim ke email ya kaaak silakan dicek :D

      Hapus
  20. Halo kak boleh minta materi belajar b1nya ga kak kayak yang diatas atas?? kirim ke dixiegeraldo@gmail.com yaa

    Vielen dank

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Habe schon gemacht yak silakan cek email ;)

      Hapus
  21. Kak mau juga dongg soft copy nyaa. Tolong kirim ke tiaradwiyulianita@gmail.com yaa. Makasiih kak

    BalasHapus
  22. Assalamu'alaikum kak Alek.. Könnten Sie die softcopy B1 mir bitte schicken.. ? das ist meine richtige Email sitinurhimmi14@gmail..

    Vielen Dank.. wünsche dir eienen schönen Tag noch..👋
    Viele Grüße aus Medan😊

    BalasHapus
  23. Halo kak boleh minta softcopy nya? Rencananya saya mau ikut tes B1 4 bulan lagi. Email nya regimarinda@gmail.com. danke(:

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Rere silakan cek email ya, sudah kukirim, semoga membantu :)

      Hapus
  24. hallo ka, boleh minta soft copy yang a2 dan b1? saya sebentar lagi ujian a2 dari sekolah, kebetulan sekolah saya sekolah pasch ka email nya resafahlevi11@gmail.com danke..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Fahlevi, wah saya adanya file B1 aja nih, untuk A2 silakan googling yak. File B1 nya sudah terkirim di email anyway, semoga membantu :)

      Hapus
  25. Salam, wah kak banyak banget yg minta softfile a1-b1 ya, aku minta juga dong kak, boleh tak? Aku pengen ikut program aupair :3 boleh dong yak minta modul a1,a2 dan b1 nya? Boleh kan?:3
    Kalo boleh
    Kirim ke email aku aku
    shakhabar@gmail.com
    Vielen dank kak ❤

    BalasHapus
  26. Salam, kak boleh minta modul B1 nya? Rencana saya juga ingin ujian B1 di Goethe institut. Ini email saya rudiwaluya23@gmail.com Terima kasih

    BalasHapus
  27. Hallo kak, saya mau minta modul buat zd B1, apakah kk punya? Atau materi2 B1 persiapan ujian goethe? Kalau punya bisa minta tlg send ke restugalasari00@gmail.com

    Vielen Dank kak.

    BalasHapus
  28. Permisi, boleh minta soft copynya juga? 1324ism@gmail.com

    BalasHapus
  29. Permisi, boleh minta soft copynya juga? 1324ism@gmail.com

    BalasHapus
  30. Hallo bro lek....salam kenal
    boleh kah saya mendapatkan soft file A1- B1 3 bulan lagi persiapan ujian ini email ku umusttamin30@gmail.com

    danke schon

    BalasHapus
  31. Hallo ka, boleh minta soft copy nya juga nggak dari A1-B1?

    Vielen dank!

    BalasHapus
  32. Ah, maaf emailnya ketinggalan 😅

    mhawi05699@gmail.com

    BalasHapus
  33. Kak.. boleh minta softcopy semua bahan nya? cinthyatrifosa07@gmail.com

    BalasHapus
  34. Kak kalau mau ujian b1 itu perlu ujian a2 dulu nggak atau bisa langsung ujian b1?

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Ka boleh minta soft copy latihan2 soal lesen b1. Ini alamat emailnya ya ka putrisuci2001@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  37. Makasih kak, boleh mintak latihan dan tips buat schreiben B1 kak. Ini alamat E-Mail Saya fauziyana469@gmail.com
    sekali lagi terimakasih kak. Sangat menginspirasi dan membantu buat belajar.

    BalasHapus
  38. Kak...sy senang bisa belajar bhs jerman..mohon share contoh soal A1 dan B1 nya

    BalasHapus
  39. Ini email saya indahindahhaslindayanti@gmail.com

    BalasHapus
  40. Haii kak, boleh minta soft copynya juga ga? Yang lesen sama hören. Ini email saya chintiaherliana@gmail.com

    BalasHapus
  41. wahhhh seru baca ceritanya .aku aja lulus sprechen dan scriben tapi lesen horen susah banget bisa tembus 60 . ini juga semanbat belajarnya semoga cepet lulusss da gak sabar terbang.makasih kak tipsnya

    BalasHapus
  42. Halo mas, salam kenal saya Fikri, saya lagi belajar bahasa jerman dari A1, bener2 dari 0. Rencana saya ingin ambil Ausbildung. Saya kalau belajar paham, tp pas diberikan teks atau disuruh bikin kalimat langsung blank. Mas, jika boleh berbaik hati apakah boleh saya konsultasi ke mas melalui whatsapp?

    BalasHapus