Thursday, December 13, 2012

English Camp 2012

English Camp 2012. Sebelomnya gue tertarik ikut acara ini. Tapi karena udah janji sama temen-temen traveling gue buat ke suatu tempat, jadi gue gak bisa ikut acara ini. Tapiiiii ternyata cuaca lagi buruk banget, intensitas hujan lagi tinggi, so trip kami dibatalkan.



Pernah gue bilang di blog ini, kalo gue itu kecewa sama acara yang udah dipersiapkan dan gue excited banget sama acara itu tapi tiba-tiba batal. Nahhhhh, dengan kekecewaan itu, gue inget acara ini. Gue baca lagi lah di mading. Dan ternyata persyaratannya cukup mudah. Daftarlah gue dengan kepercayaan tinggi. FYI gue daftar di hari terakhir pendaftaran lho haha beruntung banget gue. Ehhh malam harinya diumumin dan gue keterima, alhamdulillah ada kerjaan minggu ini dan gak basi di kos ahahaha.

English Camp 2012 ini gue jadiin ajang mencoba kemampuan berbahasa Inggris gue yang udah jarang banget di pake semenjak gue masuk jurusan bahasa Jerman. Dan entah kenapa setiap gue ngomong bahasa Inggris, pasti selalu nyangkut 1 kata atau lebih bahasa Jerman. Padahal gak ada maksud buat ngomong bahasa Jerman -___-. Oia maaf sebelumnya gue gak pake bahasa Inggris buat nulis tentang ini, karena jujur gue ngeblank kalo disuruh nulis bahasa Inggris, lebih nyaman ngomong cas cis cus walaupun grammarnya amburadul hihi.



23 November 2012
Acara English Camp resmi dibuka hari ini di Kantor SALC. Apa sih SALC itu?? SALC itu singkatan dari Self Access Learning Centre. Jadi ini adalah tempat untuk teman-teman di UNY khususnya yang ingin memperdalam ilmu bahasa Inggrisnya. Kebetulan kantor SALC ada di Fakultas gue, FBS.

Acara hari ini cukup excited, walaupun gue agak bete karena seharian acara di kantor SALC hempft. Yang paling excited paling pas movie session-nya. Film yang ditayangin pada waktu itu berjudul 'Front of the Class'. Film ini mengajarkan gue bagaimana caranya supaya kita tidak menyerah dan mensyukuri apa yang kita punya. Pokoknya filmnya inspiring banget deh, kalian harus nonton ini hihi.

Lalu yang excited kedua adalah pada saat kita semua pergi ke tempat tujuaaaaan, yaitu Desa Wisata Tanjung, Sleman. Gue kira tempatnya jauh gitu, eh ternyata gak jauh-jauh banget dari kos gue. Sewaktu berangkat, hujan cukup deras pada saat itu, yaaa cukup romantis lah kalo buat lari-larian sama pacar.

Cerdas cermat in English
Sampai di tempat. Ternyata kita gak langsung istirahat men. Ada game terakhir di hari itu yaitu cerdas cermat in english, yeeeee! Tapi gue gak ambil bagian, yang ambil bagian 2 temen kelompok gue. Nah gue belom bilang, jadi di sini dibagi per grup, total ada 6 grup dan gue masuk grup Manchester!! yeeeea. Kami punya yel-yel lho. Nih liriknya:

I know I can (I know I can)
We wanna wanna be (We wanna wanna be)
Manchester is the best (Manchester is the best)
Everyone wanna be (Everyone wanna be)
We are not the best!
But we can be number one!
We are member Manchester!
Everybody heyaaa watchau!!!

Hahaha seketika hari itu berakhir dengan riang gembira dan kami diantar ke homestay masing-masing.

24 November 2012
Kami diharuskan bangun pagi untuk mengikuti senam pagi. Lumayan seru senamnya walaupun dengan gerakan yang nyeleneh haha.

Lalu acara selanjutnya adalah English for Sozializing. Untuk acara ini, kita semua dibimbing oleh native speaker dari Amerika. Kebetulan ada 3 native yang datang, jadi 6 kelompok dibagi 3 bagian. Kelompok gue (Manchester) bergabung dengan kelompok London. Kami dibimbing oleh Rowena Sace, wanita berkebangsaan Amerika dan keturunan Filipina. Acara berlangsung dengan sangat seruuu dan fun. Kita diajarkan bagaimana culture di Amerika sana, cara memulai pembicaraan, kebiasaan di sana, dan juga bertukar pendapat tentang hal tersebut.

English for Sozialising with Rowena Sace
English Debating. Gue sebelumnya belom pernah ikut debat in English. Pelatihannya aja gue baru dapet di English Camp ini. Iya, English Debating adalah acara kedua di hari ini. Sumpah gue bete abesss, gak konsen gue. Gue malah kangen ngomong bahasa Jerman. Soalnya feel gue udah beda sih hehe. Jadilah temen-temen yang lain yang mewakili kelompok gue.

English Debating
Yeee gue seneng banget setelah acara ini kelar, serasa hari cerah setelah mendung berkepanjangan, tsaaah hahaha. Matahari turun, dan bulan menggantikan posisi matahari. Di malam harinya ada pentas seni dari semua kelompok. Kelompok gue kebagian sing a song. Di kelompok lain ada yang dapet drama, musikalisasi puisi, dan story telling. Di kesempatan ini, kelompok gue membawakan lagu I Will Fly (Ten 2 Five) dan Price Tag (Jessie J). Ada videonya lhoo, tapi berat mau gue masukin, jadi fotonya aja deh haha.

Manchester group
Hari itu ditutup dengan kabar gembira, bahwa keesokan harinya tidak ada senam pagi, jadi bisa tidurrrrrr lebiiiiiih lamaaaaa hahaha.

25 November 2012
Hari ini hari terakhir English Camp 2012. Gue seneng karena acara hari ini seru-seru dan juga sedih bakal pisah sama kegiatan-kegiatan di sini yang sangat bermanfaat.

Dimulai dengan acara English Presentation Skills. Tadinya gue bete sama acara ini karena harus mempresentasikan sesuatu. Nah seketika gue mendapat ide tentang apa yang mau gue presentasiin, gue langsung semangat dan mengambil urutan nomor 3 untuk maju ke depan. Gue mengangkat tema 'How to be a Great German Teacher on Highschool'. Ulalaaa ada hubungannya dengan bahasa Jerman, makanya gue excited hahaha. Alhamdulillah gue bisa mempresentasikannya dengan baik menggunakan bahasa Inggris. Oia gue dapet hadiah di kelas ini, karena kata kakaknya gue orang paling ganteng sendiri di kelas itu -__- (bukan gue yang bilang lho).

Suasana kelas English Presentation Skills
(Gue lagi mikirin jemuran di kos)
And the next schedule are Performing and Outdoor Language Games. Uhuuuy gue semangat kalo soal games. Gamesnya itu ya tentang bahasa Inggris, ada juga games lari-larinya kaya foto dibawah ini nih. Pokoknya everything was FUN!!!

Lagi kejar maling sendal
Daaaaaan sampailah kita di penghujung acara. Acara ditutup dengan memberikan berbagai penghargaan, diantaranya adalah the best student for man and woman, the second best group, dan the best group. The best student for man diberikan kepada Sutalim, the best student for woman diberikan kepada mba Milkha, the second best group diberikan kepada kelompok Manchester (KELOMPOK GUE), dan gue yang mewakili group gue maju ke depan, secara gue leader yag dipilih -_-, dan yang terakhir the best group jatuh ke group London. Emang paling heboh itu grup dan paling rumpi hahaha. Acara selanjutnya foto-foto sekaligus pertanda berakhirnya English Camp 2012 yeeee! Dan kami menuju bus dan pulang ke rumah masing-masing. Alhamdulillah dapet ilmu dan pengalaman lagi :))).

ENGLISH CAMP 2012

2 comments:

  1. anjir asik,coba aku bisa bahasa inggris dah ikutan juga :D

    ReplyDelete
  2. No problem.. Yg ikut juga dipilih yg Inggrisnya gak hebat bgt.
    Kalo gak mau belajar dan malu untuk belajar, kapan bisanyaaa?

    ReplyDelete