Friday, December 28, 2012

Youth Educators Regional Training 2012

22-23 December 2012
Its a meaningfull weekend. I spend my time on workshop. Really good workshop. Its called Youth Educators Regional Training.

Ham hem ham hem gatau kenapa gue lagi males nulis nih, tapi harus dipost karena ini event yang berkesan. Singkat saja deh hoho.

Jadi YERT 2012 ini adalah acara yang membawa perubahan bagi pemuda-pemuda Indonesia khususnya tentang pendidikan. Iya, kita di sini saling bertukar pendapat tentang bagaimana menjadi pendidik yang baik sedini mungkin. Karena pendidik itu bukan hanya guru dan dosen. Kita juga bisa mendidik adik kita, teman kita, dll. Misalnya hal yang sepele, adik kita membuang sampah sembarangan. Lalu kita memberitahu dia supaya membuang sampah pada tempatnya, memberitahu akibat membuang sampah sembarangan, dampaknya apa, dll. Itu sudah dikatakan mendidik lho hehe.

Oiya, acara ini di laksanakan serentak di 4 regional seluruh Indonesia lhooo. Regional I di Tangerang (Banten, Jakarta, JaBar), regional II di Temanggung (JaTeng, DIY), regional III di Malang (JaTim, Bali), dan regional IV di Lampung (SumSel).

Nahhhh karena gue tinggal di Yogyakarta sekarang. Jadi gue ikut yang regional II. Adapun tema khusus yang harus kita pilih, yaitu Sexuality Education, Local Culture Education, Civic Education, dan Entepreunership Education. Gue pilih Local Culture Education. Kenapa? Karena gue sebagai rakyat Indonesia mengakui kalo pengetahuan gue tentang budaya lokal masih cetek. So gue mau tau lebih dalam dan pengen tau bagaimana caranya melestarikan suatuu budaya dengan benar. Yup kita sebagai generasi muda harus membawa perubahan, kreatif, dan inovatif demi bangsa Indonesia tercinta hehehe.

Gue juga kaget, ternyata panitia di regional II itu ada temen gue satu kecamatan, satu kelurahan malah, eeeet ketemu lagi yak haha.

Semoga apa yang udah gue dapet dari acara ini, bisa gue aplikasikan ke dunia nyata. Dan gue sekarang jadi demen banget ngikut acara-acara beginian. Banyak banget ilmu yang kita dapet + teman baru brooo :D.

Suasana kelas
Ada gamenya juga
Gambaran guru masa depan
(kelompok biru itu kelompok gue haha)
Makan yuuk (gratis lho)
Kakak2 yang kasih materi di kelas Local Culture Education
Yang kiri Nizam, yang kanan Nia Ramadhani -_-
Peserta YERT dari Yogyakarta!
Yep that's it!
*Foto lain menyusul, nunggu panitia upload.

2 comments: