Wednesday, February 27, 2013

Riverboarding!!

Ternyata Klaten itu keren, bro! Ada yang gak tau letak Klaten dimana? Klaten itu terletak di sebelah timur Kota Yogyakarta. Klaten masuk Provinsi Jawa Tengah.
Kenapa bisa gue bilang keren? Ya karena gue abis menorehkan pengalaman yang keren di Klaten beberapa hari lalu, tepatnya hari Minggu, 24 Februari 2013.

Jadi gini... 3 hari sebelum hari Minggu, gue di sms mba Agustin (teman Couchsurfing) untuk ngajak gue ikut Riverboarding. Riverboarding adalah olahraga susur sungai deras menggunakan board. Ya karena gue belum pernah nyobain, jadi gue mau untuk ikut!

Tentu bukan cuma gue dan mba Agustin yang ikut, ada mas Deni, mas Adi, dan Lola juga. Pertama-tama kami menuju Klaten ke tempat pertemuan dengan teman-teman Riverboarding. Lalu kami gak langsung dibawa ke sungai, sob. Jadi kami semua diberi pelatihan dulu di Kolam Renang Alami di Desa Ponggok. Pertama-tama sih susah buat naik di boardnya, tapi lama-kelamaan lancar juga. Kami juga diajarkan bagaimana posisi yang baik, cara belok, cara berhenti, dll. Yup! Waktu sudah memasuki pukul 11 siang. Kami langsung dibawa ke Sungai Pusur, Klaten. Jarak dari kolam ke sungai sekitar 5 menit menggunakan mobil. Yang belum tau nih, yaa... Perusahaan air minum Aqua itu ngambil air untuk diolah jadi air minum yang kalian minum sehari-hari ya dari sungai ini, pabriknya ada tepat di sebelah sungai. 
Memakai safety equipment dulu
Kata instrukturnya, ada sekitar 5-6 jeram di sungai ini yang akan dilewati, wow excited. Diperkirakan juga susur sungainya menempuh waktu kurang lebih 2 jam. Sebelum terjun langsung ke sungai. Kami memakai equipment yang harus dipakai supaya safety. Helm, pelampung, decker, dan sepatu khusus sudah terpasang. Kami pun berjalan dari tempat memakai alat-alat ke sungai. Wow keren deh pokoknya, jiwa gue langsung terbakar semangat hehe.

Jalan menuju ke sungai
Aku bisa! :p
Sampai di sungai, kami disuruh melihat instruktur melewati jeram pertama. "Ooooh gampang itumah", bilang gue. Sekarang giliran kami, daaan jreb jreb nyangkut-nyangkut bebatuan melulu hahaha. Emang sih, pada saat itu debit air gak terlalu banyak karena malamnya tidak hujan. Oia, dalam melewati jeram, kami gak berbarengan, tapi sendiri-sendiri karena setiap orang pasti berbeda waktu tempuhnya. Lalu pas sudah melewati jeram, kami bareng-bareng lagi menelusuri sungainya.

Bergaya dulu sebelum beraksi
Kayuh dulu sebelum ketemu jeram
Me in action!
And the others!
Tepat di jeram ke-2, hujan turun. Wowww tambah keren sumpah. kami semakin terpacu dan semakin lancar mengendarai board ini. Jeram ke-3, ke-4, ke-5, dan terakhir ke-6. Semua memiliki kesan yang berbeda-beda. Tapi overall semuanya mengasyikkan. Ya sekitar 2 jam kami selesai mengarungi sungai. Kurang puas sih, mau lagiii. Tapi yaa kapan-kapan lagi deh. Ternyata kami disediakan makan siang, romantis lho, makan siang diatas pintu air Sungai Pusur haha. Ini pertama kalinya gue makan di atas pintu air. Oia gue lupa bilang, biaya keseluruhan Riverboarding ini hanya Rp.45.000!! Emang sih lagi promo, jadi buruan yang mau nyobain langsung aja, jangan nunggu-nunggu sebelum harganya naik. Soalnya ini hanya satu-satunya spot di Yogyakarta-Klaten untuk saat ini.

Well done!
Puas main Riverboarding, lalu kami dikembalikan ke kolam renang alami. Byurrr langsung nyebur semua dah. Dari kelima orang ini, cuma gue yang gabisa ngambang di air! -___- Yang lain udah jago-jago semua. Berhubung kolamnya dalam, jadi gue hanya main di pinggir doang dan jinjit -_-. Ke tengah cuma bisa sebentar doang, karena belum kuat haha. Yaudah gue cuma foto-foto aja di dalam air. Kebetulan gue belum pernah foto di dalam air dan kebetulan juga ada penyelam yang siap sedia kamera under water, mas Adi hoho.
Let's fly on a water...!
Puas berenang dan juga udah puyeng. Kami berlima langsung cusss ke spot selanjutnya, Rowo Jombor, Klaten. Kami berencana melakukan trekking singkat ke atas bukitnya. Ternyata di sana itu banyak restoran apung, lho. Keren kalo dilihat dari atas bukit. Eeeeh ternyata hujan mulai turun. Jadilah kami memutuskan untuk kembali pulang ke Yogyakarta dengan perasaan puaaaaas...

Trekking singkat di Bukit Rowo Jombor
Pemandangan restoran apung dari atas bukit
Can't wait the other trip!!!

4 comments:

  1. Ya ya ya dan sy cm bs gigit jari krn ga jadi ikut...
    Dan beruntunglah sy, krn river boardingnya udah naik harganya.hikzzz

    ReplyDelete
  2. kalo gak harga promo, berapa costnya?
    tertarik ni...
    minta CP buat riverboarding nya dong mas...
    bisa email ke dhee3s_dingin@yahoo.com.
    tengkiu sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. @Erdina wah maaf banget mba yang punya contact-nya teman saya, pin bb teman saya sudah tidak ada, coba kamu googling aja mba, sudah terkenal kok sekarang

    ReplyDelete