Sunday, May 27, 2012

Jika Tuhan Berkehendak Lain

Kalian pernah gak sih, udah usaha, berdoa, minta doa orang lain pula, demi harapan yang pengen lo raih, tapi usaha lo itu gagal, gak seperti yang lo inginkan? Pasti pernah ya, soalnya kan harapan gak semuanya dikabulkan oleh Tuhan. Hal demikian sekarang terjadi ke gue. Ya, gue akhir-akhir ini giat ikut kompetisi. Gak sembarang kompetisi, gue ikut kompetisi yang hadiahnya sesuai sama mimpi dan cita-cita gue. Kenapa? Ya, karena dengan adanya hadiah yang sesuai dengan mimpi dan cita-cita lo, lo bakal sekuat tenaga berusaha untuk memberikan yang terbaik supaya lo menang dan dapet hadiah yang lo mimpikan itu.

Sejauh ini, setidaknya sampai bulan ke-5 pada tahun 2012 ini, gue udah ikut 4 kompetisi. Di sini gue bakal ceritain pengalaman gue di ke-4 kompetisi yang gue ikuti. Ya, semoga bisa menginspirasi bagi kalian yang terobsesi dengan cita-cita kalian sendiri. Buat gue sendiri, cita-cita gue sampe sekarang masih labil. Kalo ada orang yang ngomong "Tanpa cita-cita kalian tidak akan sukses", kalo ada yang ngomong gitu berarti orang itu sotoy, alias sok tau! Emang doi yang ngatur hidup kita? Enggakan? Semua udah diatur sama Tuhan, jadi jangan panik buat kalian yang udah jenggotan tapi cita-citanya masih labil, semua akan datang pada waktunya teman, percayalah. Kok gue malah jadi kaya motivator gini sih? Maap-maap salah fokus.

Oia cita-cita gue untuk sekarang sih, pengen jadi traveler, pengen mengelilingi dunia, pengen tau berbagai ciptaan Tuhan di dunia ini, semua ini berawal dari temen gue yang juga suka traveling. Yah karena cita-cita gue itu, gue jadi semangat ikut kompetisi dengan hadiah jalan-jalan, apalagi ke luar negeri, behh.
Nih langsung gue kasih tau aja:



1. GRISTUF 2012 (Greifswald International Students Festival)
Gristuf 2012 (http://www.gristuf.org) adalah suatu program dari Greifswald University, Greifswald, Jerman. Kota Greifswald berada di utara negara Jerman. Sebenernya ini bukan kompetisi, ini adalah Festival Internasional tahunan yang diadakan oleh Universitas tersebut. Festival-festival semacam ini banyak banget diluar sana. Festival ini diadakan pertama kali pada tahun 2002. Sejauh ini acara ini udah diadakan 6 kali pada tahun 2002, 2005, 2006, 2008, 2010, dan 2012. Untuk tema tahun ini adalah Face to Face: Paving the Way to a Non-Violent Society.
Festival seperti ini biasanya free, tapi tergantung kebijakan penyelenggara juga. Untuk Gristuf ini free akomodasi (seperti transport,makan,tempat tinggal), tetapi untuk paspor, visa, dan perjalanan dari negara asal ke Jerman ditanggung biaya sendiri. Gue lupa tau event ini dari mana, kayaknya sih dari suatu web.
Untuk Join ke acara ini, kita diharuskan untuk menulis Motivation Letter. Ya, ini tergantung pintar-pintarnya kita gimana supaya bikin Motivation Letter yang keren,. Karena gue belom ahli bikin ginian, Motivation Letter gue pun seadanya. Hasilnya? Gue gagal, gak di invite mereka huhu, sedih. Kesempatan ke Jerman di kesempatan ini gagal. Motivasi gue pun makin meningkat nyari-nyari event seperti ini lagi.

2. EUROPE DAY QUIZ 2012
Gue tau ada kuis ini dari temen gue, Zakia. Ternyata kuis ini diperuntukkan bagi warga Indonesia yang bertempat tinggal di Jabodetabek. Untung gue punya KTP Jakarta, jadi gue bisa ikut, ya walaupun sekarang gue tinggal di Yogyakarta. Kuis ini diadakan pada tanggal 16-30 April 2012. Kuis ini termasuk gampang, kita diharuskan menjawab 14 pertanyaan via web, dan kita boleh nyontek di google hoho. Pertanyaan-pertanyaan ini bersangkutan dengan negara-negara Eropa. Oia ada yang udah tau Hari Eropa itu tanggal berapa? Hari Eropa itu ternyata 2 hari, yaitu tanggal 5 Mei dan 9 Mei. Lanjut, hadiah utama dari kuis ini berupa kursus gratis di tempat kursus bahasa negara-negara Eropa yang ada di Jakarta -> Inggris (British Council), Jerman (Goethe Institut), Perancis (Institut Francais), Belanda (Erasmus Taalcentrum), dan Spanyol (Instituto Cervantes). Yang gue bingungin, tempat kursus bahasa Italia (Intituto Italiano di Cultura) resmi ada  di Jakarta, mereka pun ikut mengadakan kuis itu, tapi kenapa di hadiah utama gak dapet kursus di situ ya? Hm.
Gue pun milih Goethe Institut sebagai hadiah utama kalo menang, karena kita dibebaskan memilih hadiah utama tersebut. Jeng, pas hari H pengumuman, gue gak dapet hadiah utama :( padahal jawaban gue bener semua. Maklum karena ada 351 orang yang menjawab dengan benar semua dari total 1119 orang peserta. Maka diundilah 5 pemenang utama, dan gue gak dapet. Tapi, gue masih dapet hadiah hiburan yang belom gue ambil sampe sekarang, gue udah email ke penyelenggara katanya gue boleh ambil kapan aja di Goethe, asiiik hhe.

3. KOMPETIBLOG 2012
Kompeti Blog ini diadakan oleh Neso Indonesia. Kompetisi ini diadakan rutin dari tahun 2009, dan pada tahun ini berarti sudah yang ke-4 kalinya terselenggara. Hadiah dari kompetisi ini gak nahan bro! Summer Course di Utrecht Summer School, Utrecht, Belanda selama 2 minggu! Semua gratis!!! (kecuali pengurusan paspor). Gue pun bersemangat buat ikut kompetisi ini pas tau dari twitter @uni_eropa. Tema Kompetiblog 2012 adalah Dutch Creativity : Holland is creative Nation. Dutch people enjoy inovating and constantly ask themselves and others questions to come up with new ideas. Panjang memang, tapi inti temanya adalah Kreatifitas orang Belanda. Gue pun tergiur ikut, dan gue siap nulis sebagus-bagusnya. Tapiiii, gue gak tau seluk beluk Belanda :( jadi gue bingung mau nulis apaan. Setelah survey-survey, mikir, dll gue pilihlah sepeda sebagai objek gue bercerita, secara Belanda itu negara pesepeda. Nih, tulisan gue yang pernah gue post di blog ini ->  http://alekvsleak.blogspot.com/2012/04/kreatifitas-bersepeda-di-belanda.html, kalo ini tulisan gue yang udah masuk di blog resminya Kompetiblog 2012 ->  http://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/04/75-kreativitas-bersepeda-di-belanda/.
Tanggal 25 Mei 2012 diumumkanlah 30 besar, dan gue gak masuk :(. Sedih sih, kesempatan buat Sommer Course gratis di Belanda pupus pada kali ini. Gue pun semakin giat buat nyari informasi dan ikut kompetisi semacam ini lagi, semoga gue berhasil di kesempatan yang lain,amiiin.

4. JERIN BUTTERFLY EFFECT CONTEST
Huaaaaah gue sedih kalo cerita tentang ini. Padahal gue udah berekspetasi besar untuk menang di kompetisi ini. Langsung galau sumpah nih gue, padahal 5 kalimat belom ada. Gue coba tahan perasaaan galau gue ini deh demi tulisan ini.
Jadi, acara ini diselenggarakan oleh JERIN (Jerman Indonesia), gue pun udah ngejelasin beberapa kali tentang kompetisi ini di blog ini. Gue jadi peserta pertama yang join kompetisi ini pada tanggal 5 Januari 2012. Pertama deadline kompetisi ini akhir Februari, lalu diundir jadi akhir Maret, lalu diundur lagi jadi tanggal 25 Mei 2012. Format pemenang dan hadiah pun diubah. Dari format yang pertama, 1 pemenang langsung ditentukan yang hadiahnya berupa terbang ke Jerman. Lalu diubah menjadi ditentukan 10 besar bukan langsung dipili 1 pemenang dan pada malam puncak akan dipilih 3 pemenang dan 1 pemenang tambahan. Untuk hadiah, tadinya cuma ada 1 hadiah yaitu terbang ke Jerman, tapi ditambah lagi menjadi ada juara 2,3 dan tambahan yaitu terbang ke Singapura. Gue pun masuk 10 besar, dan gue yakin bakal kepilih dari 4 pemenang tersebut. Tapi, ekspetasi gue salah, gue gak kepilih jadi pemenang dan jadilah gue pemenang hiburan saja dan gagal terbang ke Jerman dan Singapura . Huah udah ya, gak kuat nih gue cerita ini, nih kalo mau liat poto-poto pas Grand Final kemarin bisa klik INI. By the way gue pengen bilang TERIMAKASIH banget buat temen-temen yang udah dukung gue, entah itu like karya gue di facebook, share link nya, bahkan doain biar gue menang, gue sangat sangat menghargai itu teman :), TERIMAKASIH juga buat kedua orang tua gue yang dukung sepenuhnya sampe nemenin gue ke malem Grand Final nya di Goethe Haus, juga adik gue, Adam dan temen gue terunyu Bena yang udah ikut nemenin gue di malam Grand Final :). Dan yang paling terpeting adalah BERSYUKUR banget sama Allah SWT yang telah menerangi disetiap jalanku, azeeg :D.


Itulah pengalaman gue ikut kompetisi sejauh ini. Dari 4 kompetisi yang gue ikuti, 2 diantaranya mendapat hadiah hiburan dan 2 diantaranya lagi failed. Tapi gue belum nyerah buat ikut kompetisi-kompetisi selanjutnya demi teraihnya cita-cita gue. Mungkin kalian yang udah baca tulisan ini bisa terinspirasi dan mengambil hikmahnya. Jangan menyerah karena kegagalan, karena dibalik itu semua akan ada kemenangan yang berkali-kali lipat lebih indah, asal jangan lupa berusaha, berdoa kepada Allah, dan tetap semangat!! .

1 comment:

  1. saya juga lagi nyari kesempatan buat jalan jalan gratis. good luck buat anda! :D

    ReplyDelete