Sunday, October 23, 2016

Main-main ke Taman Bunga Nusantara


Ciao a tutti!!! Come stai? (Halo semua! Apa kabar?)

Hahaha anjir gaya banget gue pake bahasa Italia. Harap dimaklumin ya pemirsah, soalnya akhir-akhir ini gue lagi berbunga-bunga. Kalo lagi berbunga-bunga emang biasanya gue tiba-tiba ngelantur bahasa Italia.Tapi kadang-kadang bahasa Afrika juga sih.

“Kok bisa dah lu lek berbunga-bunga?“ Soalnya gue bareng si pacar baru aja mengunjungi salah satu taman bunga terkeren yang ada di Indonesia nih cuy. Taman Bunga Nusantara namanya. Pada tau gak nih? Oke gue ceritain nih yeee.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara letaknya ada di tengah-tengah Jakarta dan Bandung. Tepatnya di Kabupaten Cianjur. Sebelumnya gue pikir taman ini masih di Kabupaten Bogor, ternyata enggak, letaknya masih satu jam lagi dari Puncak Bogor kalo dari arah Jakarta. Ini nih alamat lengkapnya; Jl. Mariwati KM. 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Biar lebih gampang nih silakan KLIK INI untuk lokasi Taman Bunga Nusantara via Google Maps.

Karena gue anak motor abis, jadinya gue dari Jakarta berangkat naik motor (sebenernya alesan sih karena belom bisa nyetir mobil huaha). Gue lihat di Google Maps sih sekitar 3 jam perjalanan gitu dari Jakarta. Okelah gak masalah buat gue 3 jam motoran. Dah byaza.

Baca juga:
Wisata Anti-Mainstream di Temanggung
Ada Apa di Kawasang Menteng?
Nyawa Terancam saat Rock Climbing

Dari Jakarta gue berangkat via BSD Tangerang dan Jalan Parung Panjang (soalnya rumah gue di Cengkareng, lebih deket lewat Tangerang daripada lewat Lebak Bulus). Karena gue belom apal jalan ke Bogor naik motor, gue ikutin lah petunjuk jalan dari Google Maps. Gue pikir bakal aman nih gue ngikutin jalur Google Maps. Eeeeh ternyata sama Google Maps gue dibawa ke jalan-jalan alternatif yang harus muter-muter.

Emang kampret sih Google Maps kadang-kadang, alhasil gue sampe di Puncak setelah 5 jam perjalanan. 5 JAM!!! Dan dari Puncak ke Taman Bunga Nusantara yang ada di Cianjur butuh 1 jam perjalanan lagi. Jadilahhh total perjalanan dari Jakarta gue membutuhkan waktu 6 jam perjalanan untuk sampai ke Cianjur. Dem it!

Sesampainya di Taman Bunga Nusantara
Sedihnya adalah gue sampe di lokasi udah sore, sekitar jam 3, dan suasana saat itu sedang hujan rintik. Rencana untuk piknik santai, buyarrrr. Karena taman ini tutup jam 6, jadi gue gak mau menyia-nyiakan waktu buat mengeksplor.

Helloooo from Nusantara Flower Garden
Well, menurut website resmi Taman Bunga Nusantara, taman ini adalah taman display bunga pertama di Indonesia. Mulai pembangunannya sih tahun 1993, tapi baru diresmikan tanggal 10 September 1995. Menurut website resminya lagi, luas total taman yang digunakan untuk display bunga seluas 50.000 m2.

Jenis taman yang tersedia di sini cukup bervariasi cuy, ada Taman Air, Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Labirynth, Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Amerika, Taman Palem, Taman Jepang, Rumah Kaca, Display Karpet Bunga, Menara Pandang, Lokasi Piknik dan lain-lain.

Lorong Cinta di Taman Bunga Nusantara
Lorong Cinta. Eh boong deng, gue lupa nama tempat ini apaan haha
Banyakkkkk yang harus di eksplor. Apalagi kalo lo pecinta bunga banget, pasti cuma sekedar eksplor dan poto-poto itu kurang banget. Soalnya belajar dan sedikit mengamati berbagai jenis bunga yang ada di sini juga asik banget loh.

Kalo ditanya taman favorit gue apa, gue bakal jawab Taman Perancis dan Taman Jepang. Kenapa? Karena ketika gue berada di kedua taman ini, gue merasa tenang dan tentram, cie gitu. Tapi serius dah, ketika gue lagi jalan-jalan di Taman Perancis, perasaan yang muncul adalah gue serasa Napoleon Bonaparte, yoihhh haha.

Taman Perancis di Taman Bunga Nusantara
Taman Perancis dan si permaisuri wk
Dan ketika gue lagi ada di Taman Jepang, perasaan yang muncul adalah perasaan super zen alias tenang banget. Kalo gue punya waktu lama di sini, gue mau santai-santai sambil baca buku. Next time deh. Karena gue cuma punya waktu 3 jam, alhasil gue bareng cewe gue cuma poto-poto ala-ala doang dan sesekali bersantai sambil menghirup dalam-dalam udara super bersih yang ada di sini.

Taman Jepang di Taman Bunga Nusantara
Di Taman Jepang nih, gue lagi menikmati suasa loh ya bukan mikirin JAV
Ada satu sih taman yang bikin gue kesel, Taman Labirynth namanya. Sesuai namanya ya, kalo lo masuk ke dalem taman ini dijamin puyeng dan bikin kesel nyari jalan keluarnya. Gue pikir sih awalnya gampang laaah labirynth-nya gak terlalu besar dan bisa jinjit buat ngeliat jalan juga, tapi e tapi tetep banyak nyasarnya hahaha. Seru banget sih, wajib dicoba.

Informasi Tiket
Harga tiket masuk ke dalam Taman Bunga Nusantara gak terlalu mahal loh. Pengunjung hanya dikenai Rp.30.000 untuk bisa masuk plus gratis udara segarrr yang bisa dihirup sepuasnya haha. Untuk anak dibawah 4 tahun gak perlu beli tiket alias gratis.

Tersedia juga transportasi di Taman Bunga Nusantara. Sayang seribu sayang harganya exclude dari tiket masuk, jadi kita harus bayar lagi. Ada tiga jenis transportasi yang tersedia; Dotto Trains (semacam kereta beroda gitu, Rp.40.000), Garden Tram (tram-nya sih lucuk, vintage gitu, Rp.40.000), dan Mobil Wira Wiri (kek mobil satpol pp, Rp.5000).

Buat gue pribadi sih lebih milih jalan kaki aja. Selain ngirit, gue juga bisa lebih leluasa buat eksplor ke taman mana aja yang gue mau tanpa harus ngikutin jalur. Lebih menyehatkan juga dan tentunya kalo mau foto-foto gak perlu berhenti-berhenti.

Keledai di Taman Bunga Nusantara
Ngelunjak ini keledai, gue ajak ngobrol malah diem aja.
Saran dari gue nih ya kalo kalian mau berkunjung ke Taman Bunga Nusantara.
  1. Datanglah sedari pagi, yaaa sekitar jam 9 atau 10an lah. Biar lebih santai dan gak terburu-buru buat menikmati Schwarzenegger alias suasana seger di sana.
  2. Bawa makanan sendiri aja. Soalnya gak ada yang ngelarang juga sih. Bawa juga tiker, matras, alas, atau apapun itu buat bisa dipake piknik asik. Tanpa alas pun bisa sih, soalnya rumput di sini duduk-able dan tidur-able banget. Jadi wajib dicoba tuh piknik asik.
  3. Dilarang buang sampah sembarangan dan merusak bunga!!! Ini mah kudu wajib dilakukan. Selama gue di sana untungnya gue gak liat pengunjung yang sembrono gitu sih. Kalo kata Mario Teguh, jadilah wisatawan yang super.
  4. Kalo bawa pacar, bawa pacar sendiri jangan pacar orang lain.
  5. Pacarnya dijaga ya jangan sampe digodain orang Arab. Soalnya banyak orang Arab disana hahaha.
Sekian nih laporan singkat gue tentang Taman Bunga Nusantara. Overall gue mau balik lagi ke taman ini di lain kesempatan. Atau mungkin ada yang mau ngajak gue gratis ke sana? Ayuk lah hahaha.

Ciao!!!
Location: Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia

2 comments:

  1. foto2nya cakeeep... itu alat angkutnya mahal banget yak... smp ngalahin harga tiket masuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak itu juga yg ada dipikiran gue! Masa ngelebihin htm-nya haha. Tapi keren loh desain tram dan keretanya. Jadi selain bisa ditumpangi, bisa narsis juga haha.

      Delete