Wednesday, April 19, 2017

Deretan Tempat Wisata di Melaka yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang mau berlibur ke Malaysia? Bayar sendiri tapi hahaha. Ngomong-ngomong kalau kamu ke Malaysia biasanya kemana? Jangan bilang ke Kuala Lumpur doang yak, soalnya Malaysia bukan hanya Kuala Lumpur loh. Masih banyak kota menarik lainnya yang bisa dikunjungi.

Salah satunya adalah Melaka, sebuah kota yang cantik dengan berbagai peninggalan sejarah yang penuh nilai. Terus apa saja sih yang bisa dilakukan di Melaka?

Visit Malaysia (Source: Visit Malaysia)
Kuala Lumpur dengan pemandangan pencakar langitnya (Sumber: Visit Malaysia)
Nih saya kasih tau ya, main ke Melaka itu paling seru berburu spot-spot untuk foto. Soalnya di sana banyak arsitektur unique nan asique. Melaka juga dinobatkan UNESCO sebagai World Heritage Site karena keunikannya.

Melaka kotanya gak luas-luas banget kok, jadi kalau mau keliling Melaka gak perlu lah pake peta #aleksombong #gebukinalek. Nah daripada bingung mau kemana saja di Melaka, berikut saya rangkum beberapa destinasi yang wajib kamu kunjungi.

Stadthuys
Stadthuys adalah bangunan yang berada di pusat kota Melaka yang juga memiliki fungsi sebagai museum sejarah. Saran saya sih kalau mau datang ke sini, pagi atau siang hari saja, karena kalian bisa masuk ke dalam museumnya dan bisa belajar banyak sejarah tentang Melaka. Pada malam hari, Stadthuys akan menjelma menjadi latar yang indah untuk berswafoto dengan ornamen lampu kota yang ciamik.

Stadthuys yang bersebelahan dengan Christ Church, serba merah! (Sumber: malacca.ws)
Christ Church
Gereja tertua di Melaka ini dibangun pada abad ke-18 dan menjadi tempat ibadah bagi penganut agama Kristen Protestan – Anglikan. Gereja ini menjadi bukti kuat bahwa keragaman agama dan budaya di Melaka sudah berlangsung sejak lama dan sampai sekarang masih terjaga kerukunannya #alhamdulillahyah.

Baca juga: Mengunjungi Menara Kembar Petronas

A Famosa
Tempat ini adalah sebuah resort yang menyediakan petualangan safari, salah satunya bermain di taman air dan taman yang bernuansa barat kuno. Buat kamu yang hobi bermain golf, A Famosa bisa menjadi tempat yang wajib kalian datangi, karena di sini menyediakan arena bermain golf. Selain itu juga yang bawa pasangan bisa makan malam romantis di sini. Yang jomblo, gih sana cari pacar dulu baru ke sini hahaha.

Museum Sultan Melaka
Dulunya bangunan ini adalah tempat tinggal bagi keluarga Sultan Melaka. Kini bangunannya sudah direstorasi dan dijadikan museum yang setiap harinya bisa dikunjungi oleh wisatawan. Letaknya di pusat kota, sehingga sangat mudah untuk dicapai dari lokasi manapun di Melaka.

Megahnya Istana Sultan Melaka (Sumber: Wikimedia Commons)
Megahnya Istana Sultan Melaka (Sumber: Wikimedia Commons)
Museum Cheng Ho
Melaka dihuni banyak masyarakat keturunan Tiongkok sejak berabad-abad lalu. Peninggalan sejarah dari para leluhur mereka bisa kalian lihat di Museum Cheng Ho. Apa yang bisa di lihat di museum ini? Banyakkkkkk, misalnya ada peninggalan sejarah dari Dinasti Ming, ada juga replika kapal yang digunakan Laksamana Cheng Ho berlayar, hingga patung sang laksamana saat masih kanak-kanak.

Replika kapal layar Laksamana Cheng Ho (Sumber:gomelaka.my)
Kuil Cheng Hoon Teng
Kuil ini adalah salah satu tempat ibadah bagi penganut agama Konghuchu yang terbesar di Melaka. Dibangun puluhan tahun silam, sampai sekarang Kuil Cheng Hoon Teng masih menjadi pusat penganut Tri Darma di Melaka.

Di kuil ini pengunjung bisa melihat ritual ibadah penganut Taoisme, Konfusiusisme dan Buddha. Ada juga perayaan musiman seperti yang dilaksanakan di Indonesia contohnya Imlek dan Cap Go Meh yang dirayakan setiap tahun.

Masjid Kampung Kling
Ini adalah Masjid tertua di Melaka yang terletak di Jalan Tukang Emas atau juga dikenal sebagai Jalan Harmoni karena kerukunan umat beragama yang ada di sana. Sekilas, bangunan Masjid ini mirip dengan Masjid di Jawa dengan ujung atap yang bertumpuk dan berbentuk kerucut.


Masjid Kampung Kling yang tak kalah megahnya (Sumber: ThePoorTraveler)
Museum Maritim
Museum ini adalah destinasi wisata yang paling laris di Melaka. Setiap bulannya, museum ini dikunjungi lebih dari 20 ribu orang yang ingin melihat indahnya kapal-kapal milik pelaut Melaka yang terkenal ratusan tahun silam. Hmmm jadi penasaran.

Nah, gimana? Seru kaaaaan tempat-tempat di Melaka. Kuuuy kita ke sana bareng-bareng. “Naik apa tapi, lek?.” Hmmm naik Malaysia Airlines boleh tuh! Soalnya maskapai ini terbang setiap hari dari berbagai kota di Indonesia ke Malaysia, jadi gak cuma dari Jakarta sajaaaa. “Belinya dimana, lek?.” Ah kamu ngapain bingung, sih? Coba buka Traveloka.com, di sana kamu bisa booking tiket pesawat kapan saja, traveling is so simple right?

Tiket sudah di tangan? Nyok langsung berangkat ke Melaka...

4 comments:

  1. Dilengkapin foto semua Lek biar makin eyegasm.

    Karena mau orgasm belum bisa. Belum halal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha oke kakak thanks atas masukannya ;)

      Delete
  2. kalo nggak salah, ada juga museum arsitektur deh di Melaka. Isinya tentang ragam bangunan di Malaysia. Menarik juga.

    ReplyDelete