Sunday, July 23, 2017

6 Destinasi Gratis di Siem Reap yang Menawan

Siapa bilang Kamboja adalah negara yang mahal untuk berwisata? Apakah hal tersebut benar adanya? Jawabannya adalah.....benar banget njiiiiir! Entah kenapa negara berkembang yang satu ini memiliki standar mahal yang menempel dalam bidang pariwisatanya.

Jika kamu ke Kamboja, hal pertama yang ada di pikiran kamu mungkin adalah ibu kota Phnom Penh dan kota pariwisatanya, Siem Reap. Kedua kota ini merupakan andalan utama pariwisata Kamboja, terutama Siem Reap yang merupakan kota budaya yang tersohor dengan Angkor Wat-nya.


Ke Kamboja dengan budget sedikit? Siapa takut!
Hal kedua yang ada di pikiran kamu pasti kendaraan tuk-tuk yang berseliweran di jalanan kota dan selanjutnya yang ada di pikiran kamu pasti jalanan yang berdebu dengan banyaknya tanah merah kering dan ketika hujan akan terdapat becek dimana-mana. Hal tersebut ternyata benar geeengs.

Namun dari banyaknya keraguan untuk berkunjung ke negara ini, ternyata negara yang dijuluki Kingdom of Wonder ini juga memiliki banyak keunikan yang harus kamu tahu. Diantaranya adalah Candi Angkor Wat yang megah itu beberapa kali pernah dijadikan setting sebuah film internasional, makanan-makanan Kamboja juga cocok untuk lidah orang Indonsia dengan bumbu dan rasa yang kental, serta wisata murah yang ada di Siem Reap dan Phnom Penh.

Yes! Dari sekian banyaknya wisata berbayar yang ada di Kamboja, ternyata banyak tersedia juga wisata murah bahkan gratis di sana. Sewaktu saya berkunjung ke Siem Reap, saya tidak berkunjung ke Angkor Wat karena budget saya yang sedikit, jadi mulailah mencari-cari destinasi gratis di Siem Reap.


Baca juga: Mendarat di Bandara Ho Chi Minh, Vietnam? Berikut Panduannya...

Di Siem Reap saya menginap di sebuah rumah keluarga Kamboja melalui Couchsurfing (still my favourite website, free and you got a lot of experiences throuh it). Ternyata keluarga tersebut juga memiliki bisnis penyewaan tuk-tuk dengan harga terjangkau, yakni hanya $15 (di luar sana, penyewaan tuk-tuk one full day bisa mencapai $20 - $30). Karena mereka orang lokal, jadi saya request untuk diantarkan ke tempat wisata gratis di Siem Reap dan mereka menyanggupi hal tersebut! Yippie!

Jadi, destinasi murah apa saja yang bisa dikunjungi di Siem Reap? Let’s check it out!

1. Wat Damnak
Terletak di Wat Bo Road, Krong Siem Reap, Wat Damnak merupakan salah satu tempat peribadatan dan situs candi yang bisa dikunjungi secara cuma-cuma di Siem Reap. Di sini ada salah satu candi yang bentuknya seperti Candi Prambanan dengan bentuk mengerucut ke atas.

Suasana di Wat Damnak bikin adem
Selain itu terdapat pula sebuah kolam kecil yang rindang, sehingga kamu bisa bersantai dengan tenang di sini dengan cuitan burung yang terkadang hinggap di pepohonan sekitar.

2. Wat Preah Prom Rath
Salah satu tempat favorit saya di Siem Reap. Selain gratis, tempat ini menampilkan berbagai keunikan dan keindahan budaya Kamboja dalam satu tempat. Salah satunya dengan adanya diorama patung yang menggambarkan perjalanan Budha di taman depan.

Tak hanya itu, perjalanan  Buddha juga tergambar dengan jelas dalam bentuk ukiran di dinding salah satu kuil di sana. Kamu bisa belajar banyak dari gambar-gambar yang ada (jangan harap ada tulisan berbahasa Inggris, karena yang ada hanyalah tulisan aksara cacing yang bahkan baru melirik aja bikin puyeng).

Sungguh instagramable Wat Preah Prom Rath ini
Jika kamu sudah masuk ke area Wat Preah Prom Rath, harap untuk tidak membuat gaduh dan menghormati peraturan yang ada di sana.

3. Preah Ang Chek Preah Ang Chorm
What the hell is that!!! Let’s make it easier, arti nama dari tempat tersebut dalam bahasa Inggris adalah Royal Gardens. Kediaman keluarga Raja Khmer berada di sekitar tempat ini, hal ini yang membuat tempat ini selalu dipadati oleh warga yang berdoa dan wisatawan yang berkunjung.

Atraksi dari anak jalanan yang melengkapi prosesi peribadatan warga
Yang menarik dari Royal Gardens adalah adanya sebuah jalan yang ditumbuhi pohon lebat di kanan kirinya. Nah di pohon-pohon tersebut hiduplah banyak kelelawar yang menggantung dengan bebasnya di sana.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Royal Gardens adalah sore hari dikala matahari sudah tidak begitu terik. Jangan lewatkan pula prosesi peribadatan yang dilakukan warga sekitar.

4. Wat Thmei
Wat Thmei merupakan salah satu candi yang menceritakan tentang masa kelam bangsa Kamboja pada masa lampau. Terutama pada masa Khmer Merah yang merupakan sebuah organisasi oposisi yang mengambil alih Kamboja dengan banyak membantai rakyat Kamboja. Kejam.

May them rest in peace
Wat Thmei bisa diartikan juga dengan Killing Fields, hal ini terbukti dengan adanya sebuah monument yang di dalamnya terdapat banyak tulang belulang orang-orang yang dibunuh oleh Khmer Merah. Bila berkunjung ke sini, sempatkan untuk melihat foto-foto kebengisan Khmer Merah dengan petunjuk bahasa Inggris tertulis di dalamnya.

5. Wat Athvear
Sejak harga tiket masuk Angkor Wat naik pada Februari 2017 dari $25 menjadi $37 untuk one day ticket, banyak wisatawan yang kecewa dengan kebijakan ini. Tentu saja harga $37 merupakan harga yang sangat tinggi untuk sebuah destinasi wisata. Iya saya tahu ini Angkor Wat yang melegenda, tapi masa sih mahal banget sampai Rp 400.000 jika dirupiahkan?

Terlepas dari itu, mari kita berkunjung ke Athvear Pagoda! Athvear Pagoda merupakan salah satu destinasi wisata di Siem Reap yang masuk dalam komplek candi Angkor Wat, meskipun jarak dengan candi utama sangat jauh (Angkor Wat berada di utara Siem Reap dan Athvear Pagoda berada di sebelah selatan).

Wat Athvear rasa Angkor Wat
Biaya masuknya? Gratis! Dengan catatan tidak ada yang berjaga. Kalau ada petugas yang berjaga ya pasti kamu akan dimintai tiket Angkor Wat yang mahal itu (karena masih satu kompleks). Jadi berdoa saja agar tidak ada petugas yang berjaga hahaha. Terlepas dari itu, kawasan candi ini terletak di perkampungan tenang, jadi kamu juga bisa menikmati suasana kampung tersebut.

6. Pub Street dan Angkor Night Market
Pub Street merupakan jalan yang paling terkenal di seantero Siem Reap atau bahkan Kamboja. Di sini kamu akan menemukan banyak cafĂ©, restoran, bar, penginapan, bahkan pasar tradisional yang bisa kamu nikmati dalam satu tempat. Yaaa mirip-mirip Jalan Malioboro di Jogja gitu deh. Mau cari oleh-oleh? Silakan mencari di kawasan ini.

Kalau malam suasana di Pub Street lebih pecyaaah!
Dari keenam destinasi gratis ini kamu bisa mengunjungi sekaligus dalam satu hari. Bila masih ada waktu, silakan berkunjung ke Komplek Angkor Wat pada sore hari, bila kamu beruntung kamu bisa masuk ke kawasan sana secara gratis meskipun dalam waktu yang sebentar (p.s kalau bisa mintalah pengendara tuk-tuk kamu untuk menemani kamu ke dalam).


Baca juga: Berkunjung ke Jepang, Berikut 5 Etiket yang Wajib Diketahui

Karena jalan-jalan gratis juga menyenangkan guuuuys!

3 comments:

  1. Ini yg saya cari2, tapi sayang letaknya berjauh2an kalo walking tour

    ReplyDelete
  2. wah, bisa mulai manbung nih untuk liburan low budget ke seluruh destinasi di asia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes bener kak, menabung adalah kunci utama traveling haha

      Delete