Monday, May 8, 2017

Mendarat di Bandara Ho Chi Minh, Vietnam? Berikut Panduannya…

Penampakan Bandara Tan Son Nhat di Ho Chi Minh City, Vietnam (Sumber: http://english.vietnamnet.vn)
Pertama kali yang ada di pikiran saya ketika berhasil memesan tiket dari Jakarta ke Ho Chi Minh (Vietnam) adalah bagaimana caranya saya keluar dari bandara di Ho Chi Minh? Jangankan cara keluarnya, nama bandaranya pun saya belum tau saat itu…

Selain kedua pertanyaan tersebut, pikiran bahwa negara Vietnam masih ndeso juga berkecamuk di kepala saya. Ditambah lagi, saya akan mendarat di Ho Chi Minh pukul 09.00 malam. “Yaudahlah gue ngemper aja mungkin di bandara nunggu pagi”, pikir saya lagi saat itu.

Tapi ternyata, setelah saya browsing sana-sini akhirnya saya mendapatkan pencerahan. Seakan-akan saya menemukan harta karun hahaha. Dan sekarang saya mau bagi-bagi harta karun ini ke kalian tentang informasi yang mungkin kalian butuhkan ketika akan mendarat di Ho Chi Minh City. Silakan disimaque, guys..

Cara menuju dari bandara ke pusat kota Ho Chi Minh
Ternyata nama resmi dari bandara di Ho Chi Minh adalah Tan Son Nhat International Airport, dengan kode bandara SGN. Letaknya ternyata gak begitu jauh dari pusat kota Ho Chi Minh, hanya sekitar 7 km dengan jarak tempuh sekitar 30 menit dengan bus.

Hah bus? Yoi, transportasi umum yang paling murah dan terjangkau di Vietnam adalah bus. Hampir semua bus di Ho Chi Minh ber-AC dan murah kok. Jadi nyaman dan aman untuk digunakan. Terus bus apa saja yang bisa ditumpangi dari Bandara Tan Son Nhat ke Ho Chi Minh dan sebaliknya? Berikut daftar bus dan rute lengkapnya:

  1. Bus 152 dengan harga VND 6.000. Waktu beroperasi 05.45 – 18.15. Waktu menunggu bus sekitar 15-25 menit. Rute: International Terminal - Domestic Terminal - Hoang Van Thu - Nguyen Van Troi - Nam Ky Khoi Nghia - Cach Mang Thang Tam - Ben Thanh Market - Tran Hung Dao - Trung Son Residential Area.
  2. Bus 109 dengan harga VND 12.000 (jarak di bawah 5 km), VND 20.000 (jarak di atas 5 km). Waktu beroperasi 05.45 – 01.30 (hari berikutnya). Waktu menunggu bus sekitar 30 menit. Rute: International Terminal - Domestic Terminal - Hoang Van Thu - Nguyen Van Troi - Nam Ky Khoi Nghia - Ham Nghi - Ben Thanh Market - Pham Ngu Lao - 23/9 Park.
  3. Shuttle Bus 49 dengan harga VND 40.000. Waktu beroperasi 05.15 – 02.00 (dinihari). Waktu menunggu bus sekitar 30 menit. Rute: International Terminal - Domestic Terminal - Hoang Van Thu - Nguyen Van Troi - Nam Ky Khoi Nghia - Le Duan - Dong Khoi - Hai Ba Trung - Ham Nghi - Ben Thanh Market).
NB: VND 1 = Rp 0,5

Bus 109 yang siap membawa para turis ke pusat kota Ho Chi Minh City (Sumber: http://hoianairporttransfer.com)
Saya akan mendarat di Ho Chi Minh sekitar jam 9 malam, jadi kalau dilihat dari waktu beroperasinya, saya bisa naik bus 109 atau bus 49. Ketika saya mendarat pun memang ternyata masih tersedia kedua bus itu. Uniknya, ketika saya pengen naik bus 109 yang lebih murah, saya malah dialihkan ke bus 49 dengan harga yang sama, yakni VND 20.000 bukan VND 40.000. Mungkin karena pada saat itu bus 109 masih ingin menunggu penumpang di pesawat selanjutnya.

Baca juga: Naik Bus ke Cu Chi Tunnel? Siapa Takut!

Kawasan penginapan biasanya terletak di Bui Vien Street atau Pham Ngu Lao, kawasan ini pasti dilewati ketiga bus ini kok, jadi gak perlu khawatir.

Suasana pada pukul 9 malam ketika gue baru mendarat, sepiiiii banget anjir
Bagi yang mendarat pada dini hari di luar jam operasional bus, kamu bisa naik taksi juga. Ada banyak perusahaan taksi yang tersedia, diantaranya Vinasun Taxi, Mai Linh Taxi, Saigon Air Taxi,Vina Taxi, Happy Taxi, Comfort Savico Taxi, SaigonTourist Taxi, dan Hoang Long Taxi. Saya menyarankan kalian untuk naik Vinasun dan Mai Linh saja, karena termasuk terpercaya.

Nah dimana letak shuttel bus dan taksi di Bandara Tan Son Nhat? Kalau kamu pengen naik bus, silakan belok kanan setelah keluar dari kedatangan internasional, di sana sudah berjejer ketiga bus tersebut. Namun kalau kamu mau naik taksi, silakan ambil kupon taksinya di konter yang tersedia di sepanjang pintu kedatangan dan nanti akan dipanggil nomor kuponnya.

Informasi tambahan: tidur di bandara dan Wi-Fi bandara
Mau merasakan untuk tidur di Bandara Tan Son Nhat di Ho Chi Minh? Bisa banget. Menurut informasi yang saya dapatkan, para turis biasanya tidur di bangku-bangku yang tersedia di lantai satu dan lantai tiga.

Biasanya bisa juga tidur di bangku-bangku restoran yang sudah tutup. Restoran di Bandara Tan Son Nhat gak semuanya buka 24 jam, jadi bisa dimanfaatkeun oleh kita para traveler gembel hahaha.

Untuk para fakir Wi-Fi, jangan sedih, karena di Bandara Tan Son Nhat tersedia Wi-Fi yang lumayan kencang. Nama Wi-Fi nya adalah “TSN Free Wi-Fi Express”. Hanya tinggal daftar, login terus pakai deh itu internet sepuasnya.

And theeeeen, Welcome to Ho Chi Minh City, guuuuys!

14 comments:

  1. Kayanya tertarik ke Ho chi min nih!
    Mantap ulasannya nih bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nanti jadi ke Vietnam, harus nyoba naik motor jadulnya sih bro, asik itu haha

      Delete
  2. Hi.. bro.. rencana gue mau ke Vietnam, solo travelling sih.. sebenernya masih penasaran bgt apa aja sih tempat2 yang harus dan kudu di datengin ke Vietnam?
    oia, lu part of couchsurfing, ada rekomendasi tempat buat stay di Vietnam ga bro?
    need your more info. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo maz, kalau mau eksplor Vietnam saran gue sih kunjungi 3 kota ini: Ho Chi Minh City, Mui Ne, Ha Long.

      Kebetulan gue gak pake CS pas kemaren berkunjung, numpang di rumah temen aja ehehe

      Delete
    2. *Ha Long Bay dan Hanoi maksud diatas.

      Delete
  3. Hei salam kenal..
    Mo nanya donk kalo dari Mui Ne itu ada bus mlm ke HCM ga ya?
    Terus kl mo beli tiket2 bus antar kota ato negara (Kamboja) mending beli online ato waktu di HCMnya langsung?
    Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes ada kak, banyak tersedia di agent-agent di Bui Vien Street.

      Untuk ke Kamboja lebih baik pesan online (kalau kamu punya CC), atau bisa juga survey harga di agent-agent di Bui Vien Street ;)

      Delete
  4. halo kak. aku pengen banget nih solo travelling ke vietnam, tapi aku cewe. kira-kira aman gak ya ? atau kakak ada tips gak buat solo traveler cewe? thank youu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vietnam itu hampir sama kayak Indonesia. Untuk aman gak amannya relatif sih ya. Tapi memungkinkan bgt kalo kamu pgn solo traveling ke sana.

      Tips-nya mungkin well prepared ttg wisata yg mau km kunjungi ya, kayak jalurnya, harga masuknya, transportnya, biaya transport, lama perjalanan, dll. Jadi kalau ada orang mau nipu, km udah tau jawaban sebenarnya. Gitu sih.

      Sama bekalin diri dgn sedikit bhs Vietnam kayak salam gitu.

      Delete
    2. Aku jg rencana solo traveling insyaAllah okt ini..mba nya kapan? Manatau bisa bareng hehe

      Delete
  5. wahhh bermanfaat bgt ya bro... thx nihh....

    ReplyDelete
  6. mas, naik taksi dari bandara ke hotel kisaran berapa ya??

    ReplyDelete