Tuesday, April 17, 2018

Menjelajah Medan dengan Bujet Terbatas, Begini Caranya

Dibandingin Bali atau Yogyakarta, Medan emang masih kalah pamor. Meski demikian, Medan punya kelebihan sendiri mulai dari bentang alam yang ciamik hingga ragam kuliner lezat yang memikat.

Lambat laun Medan juga berubah jadi kota yang sangat menarik dan jadi tujuan wisata. Bahkan, kota ini kerap menjadi tujuan para backpacker Indonesia dan dunia. Saya pun tertarik banget untuk datang ke kota ini.

Nah, langkah pertama yang harus dilakukan kalau mau ke Medan tentu harus punya tiket pesawat dong. Nih coba cekidot voucher diskon tiket pesawat ke Medan. Siapa tau dapet tiket murah hihi. Atau bisa juga cek promo tiket pesawat AirAsia ke ibu kota Sumatera Utara itu.

Tiket udah di tangan, selanjutnya mari kita eksplor Medan! Berikut beberapa tips yang bisa kamu andalkan kalau mau jalan-jalan ke Medan ala backpacker.

Gunakan angkutan umum atau sewa kendaraan
Bagi kamu yang ingin dapat pengalaman seru, cobalah naik angkutan umum. Selain dapat menghemat uang, dengan naik angkutan umum kamu juga bisa lebih dekat dengan warga lokal.

Sewa mobil klasik kayak gini asyik juga (Sumber:Pixabay)
Tipsnya, sebelum naik coba tanya terlebih dahulu mobil yang sejurusan. Selanjutnya tanya juga tarifnya. Kalau bisa bawa juga uang pas supaya gak kena tipu.

Kalau kamu mau lebih simpel dan punya SIM, sewa kendaraan juga asik tuhBiar gak kesasar, manfaatkan mbah Google Maps.

Oh ya, kalau kamu udah punya niat dari awal untuk sewa kendaraan, coba bikin rencana perjalanannya. Cari tau mana tempat wisata yang bisa didatangi searah dan mana saja yang bisa didatangi secara terpisah.

Pesan akomodasi jauh-jauh hari
Medan punya banyak pilihan akomodasi yang ciamik. Namun, untuk mengantisipasi kamar yang full booked, coba pesan jauh-jauh hari.

Di zaman digitalisasi kayak sekarang ini, gampang banget kalau mau booking hotel. Pilihannya pun beragam, salah satunya di Airy

Boleh juga nih honeymoon ke Medan (Sumber: Pixabay)

Di sana kamu bisa dengan mudah dapat hotel ber-bujet dengan fasilitas yang kece. Selain itu, kamu juga bisa pilih hotel yang lokasinya dekat dengan pusat keramaian atau tempat wisata menarik lainnya seperti Danau Toba.


Baca juga: Berbahagia dan Bersedih di 2017 - Sebuah Kaleidoskop

Coba kuliner lokal
Begitu sampai Medan, jangan lupa untuk coba kuliner lokal yang nikmat dan harganya bersahabat.

Beberapa kuliner yang bisa dicoba di Medan adalah olahan mi, olahan ikan air tawar yang banyak dijual di sekitar Danau Toba, soto khas Medan, dan beberapa jenis sate yang memiliki bumbu khas.

Soto khas Medan, slurpppp (Sumber: Masakancici)
Jelajahi pusat kota
Kalau punya waktu, coba deh kamu jelajahi pusat kotanya. Selain kamu bisa melihat kehidupan warga lokalnya, kamu juga bisa belajar dari situ. Terlebih, kalau kamu bisa bercengkrama dengan mereka malah lebih bagus.

Siapa tau bisa dapet jodoh orang Medan juga yakan hehehehe.

Suasana Medan kala senja (Sumber: Pinjamanmedan)
Buat itinerary yang jelas
Salah satu penyebab utama bujet jadi jebol dan boros di perjalanan adalah rencana perjalanan yang gak jelas. Akibat rencana perjalanan yang kacau ini, kamu jadi bingung mau pergi ke mana.

Karena bingung mau pergi ke mana, waktu akan habis untuk mikir. Selain itu, kamu juga akan sering gonta-ganti angkutan umum yang menyebabkan bujet semakin menipis.

Bikin itinerary juga jangan ribet-ribet biar mudah dimengerti (Sumber: Pixabay)
Untuk itu, buat rencana perjalanan ke Medan yang benar-benar detail. Kalau rencana perjalanannya detail, kamu gak akan bingung dan waktu perjalanan yang singkat bisa berjalan lancar. untuk mendapatkan harga terbaik. 

Selamat merencanakan liburan ke Medan teman-teman!


Baca juga: Bertemu Raja Kera dan Dikepung Prajuritnya di Goa Kreo Semarang

5 comments:

  1. wih, mantep banget kak alek artikelnya.
    jadi kangen jalan-jalan ke Medan nih. emang kudu siapin bujet banget buat penginapan di sana krna rata2 harganya tinggi :(
    but thanks infonya kak, nanti ke sana lagi mau coba stay di Airy. semoga harganya bersahabat >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Waktu itu nginep di daerah mana dan dapet berapa Li? Jadi pengen ke sana dan ngunjungin destinasi yang udah kakak Liana kunjungin deh >.<
      Kalo mau ke sana barengan ya biar kita bisa explore lebih lagi hehe

      Delete
    2. gue di medan cuma semalem doang lek, itu nginep di rumah temen wkwkwk kan ngegembel lek haha cuma next kalo ada kesempatan ke sana lg bisa coba di airy haha
      kuy lah mas, yakali gak kuy :p

      Delete
  2. Thanks infonya, bisa bermanfaat buat yang pingin liburan dalem negeri ^^

    ReplyDelete