Wednesday, May 9, 2018

Biar Gak "Nombok" Jalan-jalan di Singapura, Simak Jenis Tiket Transportasi Ini

Bila ditanya negara mana yang paling sering dikunjungi orang Indonesia pada akhir pekan, kira-kira tau gak jawabannya apa?

Kalau kamu jawab Singapura, yessss jawaban kamu benar sekali!

Selain jarak yang dekat dan ongkos perjalanan yang gak terlalu mahal, Singapura juga dikenal sebagai negara yang sangat aman dan nyaman untuk dijelajahi siapa aja, salah satunya newbie traveler.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Singapura dan Malaysia Selalu Diburu "Newbie Traveler" dari Indonesia?

Oh iya, sebelum kamu menjelajah Singapura, ada baiknya siapin tiket transportasi selama di sana ya. “Lho gimana cara nyiapinnya kak?”.

Sini sini, kakak kasih tau…

Jadi di Singapura itu ada banyak pilihan transportasi, nah yang paling sering dipake adalah MRT, LRT, dan Bus. Untuk naik ketiga transportasi itu, kamu harus punya tiket. Ada banyak pilihan juga buat tiketnya. Ada tiket sekali jalan, EZ-Link Card, dan Singapore Tourist Pass (STP).

Kiri-Kanan: Singapore Tourist Pass Plus, EZ-Link Card
Ketiga tiket itu bisa digunakan di ketiga transportasi yang udah disebutin di atas. Terus kira-kira enaknya pake tiket yang mana ya? Oke tenang, mari kita bahas satu per satu, kita ulas mulai dari kegunaan, kelebihan, dan kelemahannya. Silakan disimaque!

Single Journey Ticket
Ya namanya juga single, kemana-mana pasti sendiri. Eh bukan-bukan, maksud saya single di sini berarti sekali jalan. Tiket yang hanya bisa digunakan sekali jalan. Biasanya yang pake tiket jenis ini adalah mereka yang jarang pakai transportasi publik.

Cara dapetin tiket ini gimana? Gampang. Kamu hanya perlu menuju ke vending machine yang ada di setiap stasiun. Nah dari sana kamu bisa langsung beli tiket perjalanan ke stasiun tujuan. 

Single Journey Ticket
Simpel memang, tapi akan sangat repot dan makan banyak waktu. Coba bayangkan, di setiap stasiun kamu harus ngantri di vending machine, terus harus ngitung duit lagi buat dimasukin ke vending machine-nya, kalau gak ada duit receh kamu harus nuker dulu, terus tiba-tiba ada dedek gemesh lewat dan kamu jadi hilang konsentrasi, alhasil salah klik stasiun tujuan.

Duh ribet!

Untuk tarifnya dihitung tergantung jarak stasiun asal dan stasiun tujuan, yaa kira-kira satu perjalanan bisa kena 1-2 SGD laaah. Oh iya, single ticket ini juga bisa di-refund ya guys. Namun ingat, tiket hanya bisa di-refund di hari yang sama saat pembelian. By the way uang refund-nya 1 SGD doang. Lumayan lah 1 SGD setara Rp 10.000, bisa buat beli cilok.

EZ-Link Card
Jika hidup kamu sudah cukup ribet, maka janganlah menambah keribetan masalah tiket. Coba kamu lirik EZ-Link Card, sebuah kartu sakti yang akan membuat jalan-jalan kamu lebih berfaedah.

Tiket EZ-Link ini merupakan kartu pembayaran yang bisa dipake di mana aja di Singapore, selain untuk membayar biaya transportasi, juga bisa untuk belanja di merchant-merchant khusus. Jadi kalau di Indonesia sistemnya kayak kartu Flash gitu. Akan ada saldo yang tertahan di EZ-Link Card.

EZ-Link Card
Kamu bisa beli kartu ini di ticket office yang ada di sebagian besar stasiun MRT dan bisa juga beli di Seven Eleven. Harganya mulai dari 12 SGD dengan rincian, 7 SGD sebagai saldo dan 5 SGD sebagai harga kartu (tidak bisa dikembalikan). Untuk beli kartu ini, kamu harus menyertakan paspor sebagai syarat pembelian.

Sama seperti single ticket, tarif yang dikenakan kalau pake EZ-Link Card dihitung per jarak antar stasiun. Bedanya ya kamu gak perlu bolak-balik ke vending machine untuk beli kartu. Cukup datang ke gate masuk MRT dan tap kartu EZ-Link kamu di mesin yang tersedia. Nah biasanya mesin itu akan menunjukkan saldo yang tersisa di dalam kartu setelah kamu menempelkan si kartu. Jadi simpel kan?

Nah kalau mau lebih simpel lagi, kamu juga bisa beli kartu ini dari Indonesia. Jadi sesampainya di Singapura, kamu bisa langsung pake tanpa harus registrasi terlebih dahulu. Terus kalau saldo di kartu kamu abis, kamu bisa langsung top up (isi ulang) di vending machine yang ada di setiap stasiun. Minimal isi ulang 10 SGD yaaa.

Perlu diingat, EZ-Link Card ini gak ada deposit tertahan, jadi kalau kamu refund kartu ini, kamu hanya mendapatkan saldo sisanya aja. 5 SGD yang di awal tidak akan bisa dikembalikan.  Kemudian, kartu ini juga valid sampai 5 tahun, jadi kamu bisa pakai kartu ini kalau kamu mau ke Singapura kurang dari 5 tahun.

Singapore Tourist Pass
Berbeda dengan EZ-Link Card, Singapore Tourist Pass (STP) menawarkan kemudahan versi lain. Jadi kalau kamu pake EZ-Link Card, kamu masih direpotkan dengan saldo yang akan habis. Nah, kamu gak akan menemukan kejadian itu kalau kamu pake STP ini.

Jadi STP adalah sebuah kartu multifungsi yang bisa dipake tanpa batas atau unlimited. Lebih simpel bukan? Simpelnya kamu cukup menempelkan kartu tanpa harus memikirkan saldo yang tersisa dan bisa menuju stasiun mana aja tanpa dibatasi.

Singapore Tourist Pass
STP juga terbagi dalam beberapa jenis, ada STP yang valid 1 hari, 2 hari, atau 3 hari. Kamu bisa pilih tergantung kebutuhan dan lama kunjungan kamu selama di Singapura. Dengan masa berlaku yang berbeda, tentu harganya juga berbeda. Untuk memudahkan, berikut rinciannya:

1-day pass = 20 SGD
2-day pass = 26 SGD
3-day pass = 30 SGD


Kartu STP ini bisa dibeli di Changi MRT Station yang ada di Changi Airport Terminal 2 yaaa. Jangan lupa juga sertakan paspor untuk syarat membeli. Di dalam kartu tersebut juga ada deposit tertahan sebanyak 10 SGD, jadi kamu akan mendapatkan uang ini bila kamu me-refund kartu STP kamu pas mau pulang ke Indonesia. Refund juga bisa dilakukan di Changi MRT Station.

Selain STP biasa, ada juga STP Plus. Seperti namanya, STP Plus punya kelebihan lain yang bisa didapatkan. Misalnya kamu akan dapat tur gratis selama setengah hari di Kampong Glam, Bugis Area, dapat voucher makan sebanyak 5 USD di Hooters Dining, dan dapat beberapa post card yang bisa kamu jadikan oleh-oleh.

Baca juga: Singapore Trip - The First Step Towards a Dream!

Satu lagi kelebihan yang bisa kamu dapet adalah kartu ini bisa dibeli online. Kalau STP biasa sih gak bisa, jadi otomatis kamu harus beli dan antre di Changi MRT Station.

Cara beli STP Plus ini cukup mudah, yang terpenting kamu punya kartu kredit. Caranya silakan kunjungi laman ini dan di sana tertera tata cara pembelian dan pembayarannya.

Harga 1 tiket STP Plus ini 38 SGD dan berlaku selama 3 hari. Setelah kamu melakukan pembayaran via kartu kredit, kamu akan mendapatkan kode booking di email. Nah kode booking itu bisa kamu tunjukkan di merchant “Changi Recommends” yang ada di setiap terminal Changi Airport.

Perlu diingat ya, kartu STP+ ini gak bisa di-refund. Jadi kamu gak akan mendapatkan uang deposit seperti halnya pada STP biasa.

Note: 1 SGD = Rp 10.400 (9/5/2018)
***

Nah jadi, silakan tentukan pilihanmu pada ketiga tiket ini yaaa. Pilih baik-baik sesuai dengan itinerary kamu selama di Singapura. Kalau mau tanya-tanya lebih lanjut, feel free diskusi di kolom komen di bawah yes.

Atau kalau kamu mau info lebih lengkap lagi, silakan tonton vlog kece di bawah ini guys! Dijamin hidup kamu akan lebih berwarna :D



Cheers!

8 comments:

  1. waduh kakak, kenapa baru di hari minggu sore ini saya baru baca blog kakak yg informatif ini?
    parah, keren. infonya lengkap banget lek!
    lanjutkan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkakaka terlalu sibuk ibu Liana ini.

      Thanks anyway Li, semoga kapan2 kita bisa ke sini bareng buat outing. Atau mau jalan lebih jauh lagi? Haha

      Delete
    2. haha terlalu sibuk menyibukan diri ya mas alek :D

      amin, outing ke sana aja udah seneng hihi
      lebih jauh lagi langsung diamini :)

      Delete
  2. Betul juga ya lebih praktis ngirit waktu antrian pembelian tiket transportasi juga kemudaham lainnya lebih baik pilih Singapore Tourist Pass.

    Tinggal deposit dan ngatur dari awal akan gunain rute kemana saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak betul, jadi waktu yang tersimpan itu bisa dimanfaatin buat langsung explor Singapore :)

      Delete
  3. wah sebelum ke singapura mesti baca ini dlu biar paham :), btw thx infonya

    ReplyDelete
  4. Kak kalau mau refund stp di ticket office juga? Trs kalau misal kita mau refund sekalian pulang sekitar jam 11 malam di changi mrt masih buka nggak?

    ReplyDelete
  5. lho aku kok ketinggalam info tentang STP plus ....ahhhhh next ke Spore, cobain yang ini

    ReplyDelete