Tuesday, September 4, 2012

Awal Menuju Impian

Liburan gini gue malah di Jakarta doang nih, pengennya sih ya ke luar kota gitu sama keluarga rame-rame, ngunjungin tempat-tempat keren. Tapi sayangnya bokap sibuk kerja, jadi yaaa gak kemana-kemana, paling banter ya cuma jalan sama pacar hehe.

Alhamdulillah dengan gue banyak stay di rumah duit te ha er gue utuh muehehe. Dan karena duit gue utuh, gue jadi bisa bikin paspor. Ya, paspor!! Untuk ke luar negeri!!! Gue pengen banget travelling ke luar negeri!! Gue sih rencana ini udah dari 2 bulan yang lalu kalo gak salah. Ternyata bikin paspor itu gak mahal!! Paspor dengan 48 halaman cuma Rp. 200.000!! Yap, itu untuk 5 tahun, murah bukan? Syaratnya pun tidak susah, hanya fotokopi KTP, KK, dan akta kelahiran. Untuk info lengkapnya, cek aja di http://www.imigrasi.go.id/.

23 Agustus 2012
Gue akhirnya ngurus paspor di hari ini. Dengan info dari berbagai blog tentang prosedur pembuatan paspor dan tanya-tanya ke teman, akhirnya gue mantap pergi ke kantor imigrasi Jakarta Barat di kawasan Kota Tua dengan ditemani Gita. Ternyata mudah sekali prosedurnya, tapi gue bingung kalo disuruh jelasin lewat blog hahaha. Oia gue belom ngasih tau tujuan utama gue bikin paspor ya? Tujuan gue adalah gue pengen travelling ke luar negeri, gue udah pilih salah satu negara di Asia Tenggara sebagai negara luar pertama yang mau gue explore. Tujuan selanjutnya adalah gue pengen pergi ke Jerman!! Yup, karena gue mahasiswa pendidikan bahasa jerman, jadi wajar dong punya cita-cita pergi ke sana. Dengan adanya paspor, mungkin gue akan lebih mudah apabila ada beasiswa ke sana atau program lainnya. Dan yang terakhir tujuan gue adalah karena gue pengen ikut festival-festival internasional! Dengan adanya paspor kita pun lebih mudah di terima oleh panitia, ya mudah-mudahan saja hehe, soalnya kalo festival-festival gitu, biaya akomodasi ditanggung panitia, jadi kita tinggal modal paspor dan nekat aja hehehe.

Balik ke pengurusan pembuatan paspor. Ya, akhirnya tahap pertama gue lulus, dan diminta datang lagi pada tanggal 27 Agustus 2012 untuk wawancara dan foto, yipppiiie!!

27 Agustus 2012
Yep di tanggal ini gue mesti dateng lagi ke Kantor Imigrasi buat sesi pembayaran, foto, dan wawancara. Ternyata gampang banget kita cuma dateng, ngambil nomer antrian, dipanggil nomer antrian kita, dan selesai lah. Oia, untuk total biaya seluruhnya gue bikin paspor adalah Rp.255.000 + beli map dan sampul paspor Rp. 7000. Murah gak sih? Lumayan lah ya, soalnya paspor bisa dipakai sampai 5 tahun kedepan. Lalu, setelah sesi wawancara selesai, gue diminta untu mengambil paspor yang sudah jadi pada tanggal 31 Agustus 2012, wooooooow sebentar banget. Cuma seminggu paspor udah jadi, gue kira mah paspor bakal jadi 2-3 minggu, eee ternyata cuma seminggu, alhamdulillah :).

31 Agustus 2012
Finally, paspor gue keluar juga. Gue cukup datang ke kantor imigrasi sesuai jam yang dan tanggal yang tertera di selembar kertas yang akan diberi oleh petugas. Pada hari itu gue cuma ke ruang 'pengambilan paspor' dan kita hanya menaruh kertas yang gue bilang tadi, terus disuruh nunggu deh nama kita dipanggil. Setelah nama gue dipanggil, gue langsung ke ruang tadi dan diminta untuk tanda tangan dan paspor pun jadiiiiiiii. Ayeyyy sekarang gue bebas mau kemana aja, tinggal bikin visa deh kalo mau ke negara yang membutuhkan visa untuk bisa berkunjung ke sana. Ini adalah awal impian gue, mengelilingi dunia! Now, I can hit all around the world!!!


0 comments:

Post a Comment