Sunday, April 3, 2016

Penginapan Murah Meriah di Malioboro, Jogja


Daerah Istimewa Yogyakarta atau singkatnya Jogja, dikenal sebagai salah satu kota pariwisata andalan di Pulau Jawa. Siapapun kalau mendengar Jogja, hal yang paling diingat adalah backpacking, angkringan, dan kenangan.

Yoiii Jogja dikenal sebagai daerah yang sangat amat terjangkau untuk biaya hidupnya. Makanan angkringan murah meriah terebar di seluruh daerah sultan ini, begitupun moda transportasinya. Mau pilih moda transportasi tradisional maupun modern semua tersedia, tinggal pilih sesuai selera. Nah terus gimana akomodasi di Jogja? Murah juga kah?

Sebagai kota pariwisata, tentunya akan banyak sekali pilihan penginapan. Mulai dari yang puluhan ribu sampai jutaan rupiah semua tersedia. Karena di sini posisi gue sebagai seorang backpacker, jadi gue memilih penginapan yang murah meriah namun tidak meninggalkan kesan nyaman. Karena seorang backpacker sangat butuh istirahat yang berkualitas. Saiiiik.

Nah di postingan kali ini lah gue bakal berbagi pengalaman mendapatkan penginapan murah di Jogja. Di sebelah nama hotelnya akan gue kasih nilai 1-10 sesuai pengamatan dan pengalaman  gue menginap.

WHW HOTEL (5/10)
Gue akan mulai dengan WHW Hotel. WHW atau kepanjangan dari Wisma Hasta Wisata adalah sebuah hotel yang terletak di Jalan Sosrokusuman.  Jalan Sosrokusuman ini sangat strategis lokasinya. Karena masih terletak di kawasan Malioboro (tepatnya di sebelah Malioboro Mall) dan juga dekat dengan dua stasiun di Jogja, yaitu Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan.  Jadi gampang banget kalo lo mau ke hotel ini dari dua stasiun tersebut, tinggal naik becak dan duduk manis sambil melihat pemandangan khas Jogja. Si abang becak pasti tau hotel ini, karena hotel ini sudah cukup lama berdiri. Untuk biaya becaknya, sekitar Rp.5.000-Rp.20.000. Iya serius Rp.5000! Karena memang cukup dekat. Tapi tergantung lo nawarnya juga, sih. 
Taraaa, WHW Hotel
Kesan pertama gue ketika sampai di hotel ini adalah adem, rindang. Suasananya persis kayak perumahan di pedesaan-pedesaan. Kemudian gue disambut oleh bapak resepsionis hotel ini dan segera disodorkan tarif kamarnya.
Harga:
Rp. 60.000 SINGLE BED, KM LUAR
Rp. 80.000 DOUBLE BED, FAN, KM LUAR
Rp. 120.000 TRIPLE BED, FAN, KM LUAR
Rp. 130.000 DOUBLE BED, FAN, KM DALAM
Rp. 140.000 TRIPLE BED, FAN, KM DALAM

Akhirnya gue memilih yang Rp.130.000 dengan fasilitas double bed, kipas, dan kamar mandi dalam. Bangunan WHW Hotel ini cukup jadul, agak ngeri juga sih ngeliatnya kayak wisma tua gitu. Setelah masuk kamarnya pun sama, terlihat tua. Buat yang suka suasana jadul bisa nih WHW Hotel jadi pilihan lo menginap.

Kondisi kamar dan kamar mandi WHW Hotel
WHW Hotel
Jalan Sosrokusuman 16
Telp. 0274-563111

INDONESIA HOTEL (7/10)
Dari Jalan Sosrokusuman kita beralih ke Jalan Sosrowijayan. Dan gue pun berpikir, kok banyak ya nama sosro di jalan-jalan di Jogja? Apa Teh Sosro juga dari Jogja? Ups salah fokus....

Nah, Jalan Sosrokusuman ini letaknya juga sangat strategis karena masih di daerah Malioboro dan sangat dekat dengan Stasiun Yogyakarta. Kalo lo turun di Stasiun Yogyakarta ini dan ingin menuju ke Jalan Sosrowijayan mudah banget. Lo tinggal jalan kaki aja dari pintu keluar stasiun ke arah Malioboro atau gang-gang Sosrowijayan Wetan.

Begitu pun menemukan Indonesia Hotel, sangat mudah dan letaknya strategis. Semua abang becak dan delman pasti tau kok hotel ini. Halaman depan hotel ini cukup panjang, yaa cukup bisa menampung mobil limousine lah. Setelah itu pintu masuk, dan gue langsung disambut bapak resepsionis hotel. Beliau langsung menunjukkan tarif Indonesia Hotel ini.
Daftar tarif kamar Indonesia Hotel
Kesan gue pas masuk ke hotel ini: ada tamannya bagus, di lantai 2 banyak tanaman, dan kamarnya langsung menghadap taman. Gue pun memilih kamar Standar Fan 1. Murah meriah cuy, Rp. 95.000 bisa buat 2 orang. Gak perlu lah ada TV segala, kalo mau nonton TV mah gue juga bisa di rumah.
Ademmmm
Kondisi kamarnya oke, walaupun bangunan tua, tapi terjaga kerapihan dan kebersihannya. Selepas check in, perut gue terasa sedang konser keroncong, jadi gue memutuskan untuk makan. Eh ternyata di lantai 1 nya ada kantin kecil, jadi bisa memesan makanan di sana dan minta untuk diantar ke kamar. Menu makannya hanya mie instan sih, tapi lumayan lah buat ngeganjel perut mah.
Mari makan, makan mari
Indonesia Hotel
Jalan Sosrowijayan No.9
Telp. 0274-587659

LOSMEN ANDA (8,5/10)
Di Jalan Sosrowijayan, banyak berjejer gang-gang. Dan biasanya gang-gang tersebut mendapatkan julukan International Village. Yoi keren banget, kan? Jadi memang di gang-gang tersebut banyak tersedia puluhan penginapan mulai dari yang murah meriah sampai jutaan juga ada. Karena saking banyaknya penginapan dan untuk menghemat waktu juga, gue pun bertanya ke salah satu warga. Gue bertanya langsung to the point bahwa gue mencari penginapan seharga maksimal Rp. 100.000 dan mendapatkan fasilitas double bed, kipas, kamar mandi dalam. Dengan baik hatinya, bapak tersebut mengantar gue ke sebuah losmen.

Losmen Anda namanya. Losmen ini terletak di Gang II Sosrowijayan Wetan. Letaknya berdepanan dengan Losmen Lolita. Si bapak kemudian mengenalkan gue ke resepsionis (yang lagi-lagi) seorang laki-laki. Gue ditunjukkan ke sebuah kamar di lantai 2 pojok luar. Waaah kamarnya asyik! Cukup lega, modern, kamar mandi bersih, dan ada balkonnya!! Gak cuma 1 balkon, tapi 2 balkon dengan pintu yang berbeda. Satunya balkon umum, satunya balkon pribadi, privat lah pokoknya keren. Dengan sigap, gue setuju buat ambil kamar ini, Rp.100.000, deal! So far, ini penginapan low budget favorit gue di Jogja.
Kamar di Losmen Anda
Kalo kecapean abis jalan-jalan, nyantai di balkon emang paling enak
Losmen Anda
Harga: Rp. 100.000 DOUBLE BED, FAN, KM DALAM
Sosrowijayan Wetan GT I/143 Gang II
Telp. 08156858492 (Bpk. Yanto)

DIANA HOMESTAY (7/10)
Masih terletak di Jalan Sosrowijayan namun beda gang, Diana Homestay menawarkan suasana kamar selayaknya rumah sendiri. Jadi memang homestay ini merupakan rumah dari mba Diana, si pemilik homestay. Ketika gue lagi celingak celinguk mencari penginapan di Jalan Sosrowijayan. Seorang perempuan (akhirnyaaa cewe) menghampiri gue. Gue pun menjelaskan kalo gue lagi cari-cari penginapan murah, tapi kebanyakan sudah full booked. Emang sih waktu itu gue datang pas lagi peak season. Kemudian dia menawarkan gue sebuah kamar di rumahnya. Hah di rumahnya? Iya, jadi di rumah tersebut ada 2 kamar, yang 1 dipakai oleh anaknya dan yang 1 lagi dipakai untuk tamu yang ingin menginap. Ooooh.
Teras depan kamar nih, nyantai aja dulu
Tarif kamarnya Rp. 100.000 untuk 1 hari dan jika gue memperpanjang, untuk hari selanjutnya hanya dikenakan Rp.90.000. Weleh pinter nih mba Diana memainkan harga untuk menarik customer. Gue meminta untuk melihat kondisi kamarnya dulu. Ternyata desain kamarnya klasik cuy, keren! Hanya dilapisi batu bata merah tanpa disemen membuat kamar ini terasa sejuk.
Kamarnya sejuk, enak buat tidur siang, etapi kapa jalan-jalannya kalo tidur mulu -_-
Agak susah dicari memang lokasi Diana Homestay ini karena berada di sebuah gang kecil. Pokoknya patokannya adalah Gang International Village yang banyak mural gravity-nya, di depan Indomart Sosrowijayan. Masuk ke dalam gang, Diana Homestay ini terletak dekat Hotel Merapi dan Losmen Utar Pension. Tanya warga sekitar deh, pasti kenal sama mba Diana.
Masuk ke gang ini, ikuti jalannya, terus tanya aja Diana Homestay ke warga
Diana Homestay
Harga: Rp. 100.000 (Rp. 90.000 dihari berikutnya) DOUBLE BED, FAN, KM DALAM , TV
Jalan Sosrowijayan GT I
Telp. 087838495892 (Mba Diana)


Note:
Harga kamar ini sesuai pengalaman gue pada periode November 2015-April 2016. Harga kamar dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, biasanya sih akan naik pada weekend, hari libur, atau peak season (Juni-Agustus).
Location: Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

43 comments:

  1. tx infonya,gw bru tau klo disana murah2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih gan! Masih banyak jg kok yg murah2 lainnya, yg penting rajin nanya2 aja

      Delete
  2. Indonesia Hotel kayaknya yang paling menarik ya Mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes! Tapi kalo gue sih paling terkesan sm Anda Losmen mas.

      Delete
    2. Kalo dari photo kayanya Indonesia Hotel lebih menarik ya gan dibanding anda losmen. kayanya lebih nyaman gitu.
      Klo yang menarik dari anda losmen bagi agan alek apa karena ada balkonnya atau memang tempatnya juga nyaman juga?

      Delete
  3. Terimakasih info nya

    ReplyDelete
  4. Mau tanya dong, yang indonesia hotel itu kamar mandi dalam atau luar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg di luar, ada juga yg di dalam mba.

      Delete
  5. Bedanya losmen sama penginapan apa sih? Cuma beda namanya atau gimana?
    Kemarin pas di Jogja, Indonesia Hotel selalu penuh :v
    Mau nginep di Diana Homestay juga sama. Penuh.
    Mungkin karena masih musim liburan kali yaaa~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya mah sama aja mba. Cuma penamaan doang. Wah iya kalo musim liburan emang harus booking jauh2 hari, kalo on the spot susah dapet mba.

      Delete
  6. Mau tnya gan..klo losmen anda dari stasiun lempuyangan jauh gak yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak jauh, juga gak deket gan. Naik becak aja paling kena 20rb. Losmen Anda paling enak ditempuh dr pintu keluar Stasiun Yogyakarta.

      Delete
  7. Waah alhamdulillah ada yg share kontak penginapan Diana, kebetulan banget aku mw ke jogja tp kehilangan kontak bu diana. 2x ke jogja dan nginap di situ, walaupun tempatnya "ndelesep" tp sangat nyaman. Thank's ya.

    ReplyDelete
  8. Mas yg losmen anda 100rb bisa buat ber2 gak yah?

    ReplyDelete
  9. kalo hotel indonesia bisa di booking mas ..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, langsung telfon aja tuh nomornya.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. oke mas makasih, itu harus Dp dulu kah mas alek ..? reservasi maksimal berapa hari ..?ohh iya untuk yang WHW No nya dah ga bisa di hubungi mas..apa WHW juga bisa booking terlebih dahulu..Terima kasih sebelumnya atas info nya..

      Delete
    4. Gak perlu dp kayaknya. Reservasi biasanya beda2 tiap hotel mas. Wah iya kah? Nanti kalo dpt nomor barunya saya update deh :D

      Delete
    5. Mau nanya mas, klo losmen anda dr jln malioboro sm trans jogja jauh apa deket ya ? Dan itu bener kontak losmennya ya ?

      Delete
    6. Halo Andrian, kalo dr halte transjogja maioboro itu gak terlalu jauh mas, tinggal ke arah jalan sosrowijayan aja dan ke gang internasional, nyampe deh hehe

      Delete
  10. Kalo dari photo kayanya Indonesia Hotel lebih menarik ya gan dibanding anda losmen. kayanya lebih nyaman gitu.
    Klo yang menarik dari anda losmen bagi agan alek apa karena ada balkonnya atau memang tempatnya juga nyaman juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain ada balkon pribadinya, ane ngerasa lebih nyaman karena bangunan Anda Losmen memang lebih muda dan fresh gan dr Indonesia Hotel.

      Delete
  11. Mau nanya. Losmen anda kalo malem buka ngga?maskutku kalo malem ada yg jaga juga?kan check in nya malem gitu, soalnya kretanya naru nyampe malem. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buka kok, lebih baik sih telpon dulu bro itu Losmen Anda kalo mau check in malem..

      Delete
  12. Mas mo tny sayakn mo kejogja tgl 22 des semingguan dsna kira2 harganya berubah ga ya?secara itu high season.makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebijakan masing2 hotel mba. Tapi biasanya akan naik ;). Tanya2 hotelnya aja dulu mba via telpon.

      Delete
  13. penginapannya rekomend banget ya, murah lagi, thanks infonya..

    ReplyDelete
  14. Makasih gan infonya sangat membantu...
    Udh di tlponin dan pada penuh..
    Penginapan mba diana ramah.. tadi tlp tempatnya penuh.. dan alhamdulilah.. di cariin di tempat lain..

    ReplyDelete
  15. permisi mas numpang tanya
    yg indonesia hotel bedanya fan 1 fan 2 apa ya
    terus itu kamar mandi dalam atau tidak?
    sama nanya lagi mas kalo letak losmen anda dr indonesia hotel kemana? maaf saya nyari di google maps gak ketemu
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedanya kalau kamar fan 2 kamar mandi di luar, sedangkan fan 1 kamar mandi dalam kak..

      Kalo letak Losmen Anda itu masuk ke Gang Internasional kak..

      Delete
  16. Wah nice info ya mas,
    Itu becak motor apa becak dayung? Dari stasiun lempuyungan naik becak ke jalan sosrowijayan.
    Berarti kita langsung aja minta diantar ke jalan sosrowijayan ya mas? Nanti tanya becaknya atau orang2 disitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupsss bilang aja langsung sama tukang becaknya tujuan kamu mba, pasti tau kok dia.

      Delete
  17. Replies
    1. Ada mba, mau saya kirim ke email?

      Delete
    2. mau banget mas, kebetulan saya lagi cari2 juga ... kalo nginep di hari kerja lebih murah dari weekend ya ?

      Delete
    3. Etapi itu bagian depan rumahnya yang seperti di foto di atas. Rumahnya di antara gang-gang gitu. Coba baca lagi deh mba ada petunjuknya juga.

      Kalau di Losmen Diana sama saja semua hari mba.

      Delete
  18. Tempat backpacker an asyik ya jogja...

    ReplyDelete