Minggu, 06 Desember 2020

10 Manfaat Inovasi Teknologi Smart Building dari Schneider Electric

Teknologi Smart Building dari Schneider Electric

Halo guys! Sebagai pemilik properti komersial yang disewakan, tampaknya penting buat kamu untuk mulai memikirkan menggunakan fasilitas smart building. Pasalnya, di zaman yang semakin modern ini, transformasi digital merupakan sebuah keharusan.

Dalam fasilitas smart building, kamu bisa menggunakan teknologi connected room solution di setiap ruangan yang terhubung dengan internet of things (IoT) dan big data. Pengelolaan ruangan secara real-time dan efisiensi energi yang cerdas ini nantinya dapat menghemat biaya, memudahkan renovasi ketika dibutuhkan, serta meningkatkan nilai jual properti.

Menurut Schneider Electric, perusahaan global yang fokus dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh pemilik properti dan penyewa ketika sebuah bangunan menggunakan teknologi connected room solution di setiap ruangannya.

Dengan IoT sebagai intinya, connected room solution menghubungkan sensor dan berbagai perangkat menjadi solusi terintegrasi yang menghadirkan tingkat kontrol termuktahir. Ini memungkinkan penghuni gedung dapat mengontrol ruangan mereka sendiri, seperti pengaturan suhu, pencahayaan lampu, dan pengoperasian tirai jendela hanya dengan satu sentuhan dari smartphone.

Dengan begini, tingkat kenyamanan penghuni gedung akan meningkat. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut 10 manfaat utama yang dapat dirasakan penghuni properti saat menggunakan teknologi connected room solution.

1. Kontrol berbasis aplikasi

Aplikasi seluler sekarang memungkinkan semua penghuni untuk terlibat dengan ruangan mereka melalui cara yang benar-benar baru. Pembuatan aplikasi penghuni khusus gedung dan perusahaan memungkinkan pemilik properti menawarkan layanan bernilai tambah lainnya.

Aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan manajer fasilitas untuk melihat dan mengontrol semua sistem yang terhubung dari ponsel atau browser untuk meningkatkan pemeliharaan property dengan tetap meminimalisasi biaya pengeluaran.

2. Meningkatkan user experience lebih baik

Dengan integrasi teknologi, penghuni dapat mengontrol setiap unsur yang ada di ruangannya lebih efisien dan efektif menggunakan smartphone. Hal ini akan membuat pengalaman penghuni (user experience) menjadi lebih baik.

3. Desain modularitas dan skalabilitas

Connected room solution sangat modular, andal, dan efisien sehingga membuat building management system dapat lebih mudah dikontrol dan diperbaiki ketika ada masalah.

4. Integrasi yang mulus

Connected room solution dari Schneider Electric juga memungkinkan integrasi di beberapa perangkat secara efisien melalui BACnet, Bluetooth, Zigbee, Digital Addressable Lighting Interface (DALI), dan banyak lagi. Jadi, ini akan memungkinkan integrasi secara virtual terhadap seluruh perangkat yang ada di dalam bangunan.

5. Peningkatan efisiensi energi

Pengukuran energi di dalam masing-masing ruangan memungkinkan pengelola properti dapat mengembangkan rencana efisiensi energi yang disesuaikan untuk setiap penyewa. Hal ini akan memberikan tingkat kenyamanan yang diinginkan penyewa sambil meminimalisasi biaya energi.

Baca juga: Schneider Electric Resmikan Kantor Pintar di Jakarta, Super Canggih!

6. Sistem arsitektur yang disederhanakan

Pendekatan dengan teknologi ini dapat mengurangi atau menghilangkan kebutuhan akan gateway dalam sistem arsitektur dan meningkatkan efisiensi perawatan baik dari aspek teknis maupun keuangan sambil memungkinkan pengoptimalan operasi.

7. Fleksibilitas dalam perubahan layout 

Saat ada penghuni baru yang meminta perubahan tata letak (layout) ruangan, kamu sebagai pengelola gedung dapat memanfaatkan software connected room solutionSoftware ini tentu akan memudahkan tim manajemen fasilitas dalam mendesain ulang tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

8. Dilengkapi sistem analitik

Teknologi connected room solution dari #SchneiderElectricId saat ini sudah dapat mendeteksi keberadaan penghuni di ruangan tertentu dan sensor yang lebih canggih kini dapat menghitung jumlah penghuni dalam sebuah ruangan.

Dengan kombinasi sistem analitik, kemampuan semacam itu memungkinkan kontrol otomatis atas kendali heating, ventilation, and air conditioning (HVAC) dan perangkat lainnya di dalam ruangan. Misalnya, ketika dua puluh orang memasuki ruang konferensi saat cuaca panas, AC secara otomatis akan menyesuaikan untuk memberikan aliran udara yang memadai di dalam ruangan.

9. Mendapatkan sertifikasi bangunan

Connected room solution dapat membantu mempermudah sebuah bangunan untuk memenuhi syarat berbagai sertifikasi efisiensi energi dan keberlanjutan (sustainable). Sertifikasi bangunan hemat energi dengan biaya pengoperasian yang rendah ini akan membantu meningkatkan nilai properti di masa depan.

10. Teknologi terbaru

Dengan connected room solution yang komprehensif sebagai sistem dasar, pengelola properti dapat memanfaatkan teknologi terbaru di masa mendatang. Ini tentu memungkinkan efisiensi yang lebih besar di properti kamu.

Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar