Selasa, 22 Desember 2020

5 Fungsi Pemanfaatan Teknologi EcoStruxure Power dari Schneider Electric

Teknologi EcoStruxure Power dari Schneider Electric

Pada Desember 2017, pemadaman listrik di salah satu bandara terbesar di dunia, Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport menyebabkan Delta Airlines kehilangan pendapatan senilai 25-50 juta dollar AS atau setara Rp 350-700 miliar karena terpaksa membatalkan sekitar 1.400 penerbangan.

Maskapai tersebut juga membutuhkan waktu beberapa hari untuk melanjutkan jadwal normal mereka.

Tak hanya terjadi di bandara, dampak serupa juga biasa terjadi pada fasilitas lainnya. Bangunan besar dan fasilitas penting memang sangat bergantung pada tenaga listrik yang andal, tetapi masalah terkait listrik semakin sering terjadi. Ada banyak alasan untuk ini.

Baca juga: 3 Prediksi Revolusi Teknologi Usai Pandemi

Peristiwa cuaca buruk yang meningkat, jaringan transmisi semakin menua, dan penambahan sumber daya yang tidak terpusat. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan lebih banyak gangguan daya yang disalurkan ke fasilitas. Jaringan listrik di dalam fasilitas juga menjadi lebih kompleks.

Oleh karenanya, infrastruktur listrik harus lebih tangguh. Jika bisnis kamu mengandalkan tenaga listrik yang bersih, stabil, dan andal, kamu perlu mempertahankan kualitas daya tingkat tinggi, idealnya memenuhi standar internasional, seperti EN 50160 dan IEEE 519.

Selain itu, kamu perlu melakukan digitalisasi terhadap sistem distribusi daya listrik agar membantu meningkatkan visibilitas, insight, dan dukungan keputusan yang lebih baik untuk membantu mengatasi masalah kualitas daya yang kompleks.

Salah satu caranya dengan memanfaatkan teknologi EcoStruxure Power dari Schneider Electric. Pada teknologi ini, kamu bisa memanfaatkan sistem distribusi daya dan manajemen tenaga listrik untuk fasilitas kamu.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat penggunaan EcoStruxure Power, simak ulasan berikut.

1. Tenaga listrik cadangan

Kelangsungan bisnis bergantung pada aset penting seperti sistem tenaga cadangan. kamu perlu memastikan keandalan dan ketersediaan sistem back-up daya cadangan jika terjadi pemadaman listrik yang tidak terduga. Oleh karena itu, EcoStruxure Power akan membantu kamu menyediakan data akurat tentang sistem distribusi listrik.

2. Pemantauan kualitas tenaga listrik

Masalah kualitas daya dapat luput dari perhatian dan berdampak besar pada operasional fasilitas. Padahal, hal ini dapat menyebabkan kerusakan peralatan dan menurunnya masa pakai optimal.

Jika kamu menggunakan EcoStruxure Power, kamu tidak perlu gusar. Sebab, sistem ini memiliki alat analitik yang membantu kamu memahami titik kerusakan pada komponen listrik.

Baca juga: Transformasi Digital, Pabrik Perlu Terapkan 3 Langkah Ini

3. Pemantauan distribusi listrik

EcoStruxure Power akan meningkatkan visibilitas status seluruh sistem kelistrikan. Ini akan membantu tim operasional menganalisis laporan tentang kondisi permintaan puncak daya dan menyiapkan peralatan UPS, transformator, atau generator sebagai antisipasi mati listrik.

Tim kamu juga akan menerima alarm pada setiap kondisi atau kejadian yang tidak normal. Ini memungkinkan kamu dapat menganalisis dan memahami dari mana asal kegagalan jaringan distribusi listrik terjadi.

4. Manajemen kapasitas

Teknologi EcoStruxure Power dari Schneider Electric akan membantu kamu memahami kebutuhan kapasitas infrastruktur distribusi listrik, termasuk menyediakan perluasan atau modifikasi lingkungan fasilitas.

Teknologi tersebut dapat memastikan bahwa saat kamumeningkatkan fasilitas, daya listrik tidak akan melebihi kapasitas peralatan yang ada. Ini akan membantu mengurangi potensi risiko pada infrastruktur kelistrikan yang dapat menyebabkan kebakaran.

Baca juga: 3 Elemen Industri Manufaktur Terapkan Edge Computing Data Center

5. Analisis masalah tenaga listrik

Jika terjadi masalah daya yang berpotensi merusak jaringan listrik, kamu harus dapat mengisolasinya dengan cepat. EcoStruxure Power memberi kamu tools yang mencakup prioritas alarm, analisis urutan kejadian, dan deteksi arah gangguan yang membantu melakukan analisis akar penyebab secara efisien.  

Berbekal informasi itu, tim kamu dapat segera membuat keputusan yang tepat dan cukup menggunakan aplikasi seluler untuk membantu memulihkan daya serta melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari kejadian serupa di masa mendatang.

Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar