Senin, 21 Desember 2020

Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Panel Listrik di Rumah?

panel listrik atau electrical switchboard schneider electric

Electric switchboard atau panel listrik adalah komponen kunci dari sistem distribusi daya di rumah. Berbagai panel listrik di switchboard membagi daya menjadi komponen yang lebih kecil dan mengirimkannya ke berbagai perangkat.

Alat ini juga menjalankan fungsi pengontrol dan bertindak sebagai perangkat pelindung untuk sistem tenaga di rumah. Jadi, sangat penting bagi kamu untuk mendedikasikan sebanyak mungkin waktu, tenaga, dan sumber daya untuk memasang panel listrik yang akan membantu kamu menghindari kejadian sengatan listrik.

Bersumber dari laman resmi Schneider Electric, berikut adalah beberapa aspek penting yang perlu diingat saat memilih panel listrik untuk rumah kamu.

1. Keandalan

Kualitas dan keandalan adalah hal yang menentukan umur peralatan listrik kamu. Gunakan selalu panel listrik merek ternama yang telah memenuhi semua standar kualitas dan keamanan seperti panel listrik dari Schneider Electric.

Schneider Electric pun menyediakan beragam panel listrik sesuai kebutuhan rumah dengan berbagai tipe, misalnya LV Switchboard jenis Okken, BlokSet, iPMCC, Prisma, dan Pragma.

2. Instalasi dan perawatan

Dianjurkan untuk menghubungi ahli listrik yang berkualifikasi untuk pemasangan yang tepat. Selain itu, selama pembelian, kamu harus membaca semua syarat dan ketentuan garansi dan memeriksa kembali layanan pemeliharaan yang ditawarkan oleh perusahaan.

3. Keamanan

Perlindungan keluarga kamu dan bangunan harus menjadi sudut pandang pertama yang dipertimbangkan saat membeli panel listrik. Karena switchboard mengatur semua aspek sistem kelistrikan, penting bagi kamu untuk mempelajari detail dan spesifikasi peralatan yang sesuai dengan rumah kamu.

Baca juga: Transformasi Digital, Pabrik Perlu Terapkan 3 Langkah Ini

Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan ahli listrik berkualifikasi untuk memandu dan membantu kamu memahami spesifikasi yang diperlukan. Pastikan kamu memilih perangkat yang bisa menjangkau semua kebutuhan keamanan bangunan.

4. Lokasi

Kamu perlu memperkirakan lokasi yang tepat untuk memasang panel listrik. Ruangan yang dialokasikan untuk memasang panel listrik harus besar dan memiliki sirkulasi udara baik. Selain itu, penting bagi kamu untuk membatasi masuknya anak-anak ke ruangan ini untuk mencegah bahaya listrik.

5. Efisiensi

Efisiensi adalah titik kritis lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih panel listrik untuk rumah kamu. Hanya panel listrik yang efisien yang dapat berfungsi dalam situasi yang tidak terduga. Efisiensi panel listrik dan fungsinya pun saling berkorelasi.

Baca juga: 3 Elemen Industri Manufaktur Terapkan Edge Computing Data Center

Jika kamu ingin membuatnya ramah pengguna, kode warna dapat digunakan untuk perangkat kamu. kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sakelar listrik yang memiliki mekanisme interlock. Ini akan melindungi seluruh sistem sirkuit dari kegagalan kontrol.

Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar